Ketum PSSI Berharap Pemain Tampil Percaya Diri

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan melihat latihan timnas Indonesia di Stadion Sidolig, Bandung, pagi dan malam hari ini.

Tujuannya selain memantau kondisi pemain sekaligus memberikan semangat agar saat laga FIFA matchday melawan Curacao pada 24 September di Stadion Bandung Lautatan Api (GBLA) bisa tampil penuh percaya diri karena yang dihadapi adalah negara dengan peringkat lebih tinggi dari Indonesia.

Curacao saat ini tercatat berada di posisi ke-84 dalam Ranking FIFA per 25 Agustus 2022. Negara Kepulauan Karibia itu mengoleksi poin 1293,35. Armada Remko Bicentini itu masih lebih baik dari sejumlah negara menengah di Asia seperti Bahrain, Yordania, hingga Suriah.
Perbedaan posisi Curacao dengan timnas Indonesia sangat jauh. Skuad Garuda bercokol di urutan ke-155 ranking FIFA dengan 1019.19 poin. Berarti, Timnas Indonesia terpaut 71 tangga dari Curacao dalam pemeringkatan anggota FIFA.

‘’Peringkat terpaut jauh tidak apa-apa. Ini yang kita cari. Pemain bisa mendapatkan pengalaman. Saya juga tahu banyak pemain mereka yang bermain di liga-liga hebat di Eropa. Tetapi, jangan patah semangat. Apalagi dua kali pertandingan akan dimainkan di Indonesia (GBLA dan Pakansari). Pasti suporter juga akan mendukung,’’ kata Iriawan.

Iriawan pun berharap suporter untuk berduyun-duyun datang ke stadion untuk mendukung pemain timnas. Ia yakin suporter yang juga pemain ke-12 akan memberikan dampak signifikan permainan di lapangan. ‘’Datang ke stadion akan lebih baik. Namun, kalau tidak bisa cukup nonton di televisi dan doakan timnas Indonesia bisa menang.’’