Uji Coba Timnas U19 Berjalan Manis

Tim Nasional Indonesia U19 sukses menorehkan hasil manis saat menjalani uji coba melawan tim Pra PON DKI dengan skor telak 3-0. Uji coba ini yang pertama kali dalam rangkaian pemusatan latihan mereka menjelang lawan China dan babak kualifikasi Piala AFC U19. Laga berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (5/10).

Rendy Juliansyah menjadi motor serangan tim, dirinya memberikan tiga assist dari proses gol yang diciptakan oleh Sutan Zico, Braif Fatari dan Imam Zakiri.

Babak pertama berjalan dengan tempo sedang, namun mereka tetap menguasai jalannya laga. Sayangnya, tak ada gol yang tercipta. Tiga penyerang pertama yang diturunkan Fakhri Husaini seperti, Mochamad Supriadi, Amiruddin Bagus, dan Serdy Hepyfano, gagal membobol gawang lawan, meski memiliki sejumlah peluang.

Bahkan, Backham Putra Nugraha, yang menjadi penendang penalti pada pertengahan babak pertama, gagal menjalankan tugasnya. Sepakan gelandang Persib itu dengan mudah dapat dibaca kiper Pra PON DKI.

Namun di babak kedua, Fakhri Husaini, pelatih timnas Indonesia U-19, mengganti semua pemain. Belum dua menit babak kedua berjalan, gawang Pra PON DKI berhasil dibobol. Aktornya adalah Sutan Diego Zico, memanfaatkan assist Rendy Juliansyah.

Selepas itu, permainan timnas Indonesia U-19 semakin mengalir. Hasilnya Braif Fatari dan Imam Zakiri menggandakan keunggulan menjadi 3-0. Menariknya, dua gol tersebut tercipta berkat kecerdasan Rendy Juliansyah melepas umpan.

Fakhri mengaku belum cukup puas dengan hasil ini. Pasalnya, sejumlah pemain tampil di bawah performa. “Ukuran puas itu seperti apa?. Relatif. Disini, saya ingin semua pemain terus berkompetisi. Tidak hanya dalam pertandingan tetapi juga saat latihan,” kata Fakhri.

“Saya sengaja menurunkan pemain yang berbeda pada babak pertama dan di babak kedua. Hasil itu penting, tapi bukan itu tujuan utama kami dalam uji coba pagi ini.”

“Kami ingin melihat sejauh mana pemain lama bisa adaptasi dengan yang baru atau sebaliknya. Kemudian sampai sejauh mana fisik mereka terutama sanggup main dengan tempo tinggi.”

“Syukur Alhamdulillah apa yang dilihatkan pemain di babak pertama atau babak kedua cukup memuaskan kami. Meski ada beberapa catatan yang harus diperbaiki di sisa waktu yang ada,” tutup Fakhri Husaini.

Usai ini, David Maulana dan kawan-kawan akan terus melanjutkan pemusatan latihan, dan dijadwalkan pada hari Sabtu depan, tanggal 12 Oktober 2019, mereka akan mengadakan uji coba kembali. Kali ini, Tira Persikabo U20 yang menjadi lawan tanding mereka.

Rencana pertandingan uji coba Internasional Timnas U19 melawan China sedikit mengalami perubahan, laga pertama berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, hari Kamis (17/10) Oktober 2019, kick off pukul 19.00 WITA / 18.00 WIB. Sementara untuk laga kedua, berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, hari Minggu (20/10) pukul 15.00 WIB.