Kejutan di AFC Cup 2022

Banyak kejutan terjadi pada gelaran AFC Cup tahun 2022 hari ini. Di Grup G, dua laga yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (27/6), menjadi kejutan pertama.

Kedua, di Grup H, dimana kemenangan PSM Makassar membawa angin segar, setelah kabar buruk dari tuan rumah Bali United yang sukses dijinakkan oleh Visakha FC. Kemudian yang terakhir adalah kebangkitan Kedah Darul Aman FC.

Kekalahan Bali United menjadi topik pembicaraan pertama dari rangkaian kejutan hari ini. Skor telak 2-5 menjadi pil pahit yang harus ditelan oleh anak-anak asuhan Stefano Cugurra (Teco), padahal mereka sempat mengejutkan dengan gol pembuka dari Irfan Jaya pada menit ke-8’.

Namun sayang, setelah gol itu, Bali United seperti bermain tanpa arah dan kemudian terpaku dengan gelontoran gol dari Visakha yang merobek gawang Nadeo Argawinata sebanyak lima kali. Satu gol lain dari Bali United dilesakkan oleh Privat Mbarga menit ke-84’.

Hasil baik 2-0 dari laga sebelumnya saat melawan Kedah Darul Aman FC dan dukungan suporter, sama sekali tidak mendongkrak semangat tim asal Pulau Dewata itu untuk bangkit dari kekalahan.

Banyaknya bola yang masuk ke gawang timnya, pelatih Bali United mengungkapkan bahwa waktu istirahat timnya sangat pendek, hal itu membuat para pemainnya kelelahan.

“Banyak pemain yang sudah bekerja keras saat melawan Kedah Darul Aman,” buka Teco saat sesi jumpa pers usai laga.

“Mungkin dua hari tidak cukup bagi kami untuk istirahat,” sambungnya.

Menurut Teco, kondisi fisik dari para pemainnya tidak prima, sementara lawan punya cukup waktu istirahat.

Recovery mereka bagus,” tegasnya. “Kami meminta maaf kepada suporter yang datang karena kami hilang konsentrasi. Lawan bermain baik dan mempunyai kualitas untuk mencetak gol ke kami,” jelasnya lagi.

Di pihak lawan, pelatih Visakha FC, Meas Channa mengatakan, “Saya senang hari ini karena ini pertandingan yang sulit,” ucapnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemain yang terus berjuang hingga laga selesai. Kami bisa bermain dengan baik hari ini dan memenangkan pertandingan,” lanjutnya.

Meas Channa juga mengucapkan terima kasih kepada suporter Visakha FC yang menyempatkan diri datang langsung ke Bali. Terlihat beberapa suporter asal Kamboja memberikan dukungan penuh kepada Visakha FC.

“Kami juga terima kasih kepada suporter kami yang datang ke sini ataupun yang mendukung di Kamboja. Saya juga terima kasih kepada suporter Bali United yang sudah memeriahkan pertandingan ini,” tutupnya.

Kejutan kedua lainnya di Grup G adalah, kebangkitan Kedah Darul Aman FC. Klub asal Malaysia itu mengandaskan Kaya FC Iloilo dengan skor telak 4-1. Padahal sebelumnya, Kedah dipermalukan Bali United 0-2.

Rupanya, tidak hanya di grup itu saja kejutan terjadi. Wakil Indonesia lainnya di AFC Cup 2022, yaitu PSM Makassar sukses membukukan kemenangan 3-1 saat melawan Tampines Rovers pada laga Grup H di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia. Setelah sebelumnya bermain imbang tanpa gol melawan Kuala Lumpur City FC.

Kembali ke Grup G, laga terakhir grup ini akan tersaji di hari Kamis tanggal 30 Juni 2022. Bali United akan berhadapan dengan Kaya FC Iloilo, pukul 17.00 WITA, kemudian disusul dengan laga antara Kedah Darul Aman FC dan Visakha FC pada pukul 21.00 WITA.