Thailand Dampingi Jepang ke Perempat Final

Thailand mendampingi Jepang ke babak perempat final Piala AFC U19. Tim Gajah Putih ini mendapatkan tiket delapan besar dengan mengalahkan Korea Utara 2-1 pada laga terakhir grup B di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Kamis (25/10). Sementara itu Jepang menyempurnakan penampilan di penyisihan grup B dengan mengalahkan Irak dengan skor telak 5-0 di Stadion Pakansari, Cibinong.

Lima gol Jepang dilesakkan oleh Yuta Taki menit ke-10, Taichi Hara menit ke-34 dan 77, Kyosuke Tagawa menit ke-27, dan Koki Saito menit ke-85.

Di pertandingan lain, kemenangan 2-1 Thailand berkat gol-gol dari Sampan Kesi menit ke-38 dan Korawich Tasa di menit ke-78. Satu gol DPR Korea dicetak oleh Kang Kuk-Chol Il menit ke-45.

“Ini merupakan kemenangan penting bagi kami jika kami ingin melangkah lebih jauh di turnamen ini, tapi mungkin tim akan bekerja lebih keras lagi saat nanti berhadapan dengan Indonesia di partai perempat final. Apalagi lawan kami itu didukung oleh penonton yang pastinya akan memadati stadion,” tukas pelatih kepala Jepang, Masanaga Kageyama.

Bagi Thailand yang juga lolos dari grup B, menilai pertandingan melawan DPR Korea sangat sulit. “Kami berjuang di pertandingan melawan tim yang sulit sekali untuk di lawan. Mereka bisa menyamakan kedudukan di babak pertama, namun di babak kedua, kami bisa bangkit. Meski kami menang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan tim ini agar bisa diperbaiki di babak selanjutnya. Kami ingin terus berada di turnamen ini. Sebab lawan berikutnya juga tidak akan mudah,” kata pelatih Thailand, Ithsara Sritharo.

Jepang keluar sebagai pemuncak klasemen Grup B dengan raihan total 9 poin tanpa terkalahkan. Disusul Thailand dengan raihan 4 poin, sekali kalah dan satu kali hasil imbang. Jepang akan berhadapan dengan Indonesia, sementara itu, Thailand akan berhadapan dengan Qatar di babak perempat final

Hasil dipertandingan lain di Grup C, Korea Selatan berhasil menang atas Vietnam 3-1 dan Australia bermain imbang 1-1 melawan Yordania. Korea Selatan dan Australia berhak menjadi wakil dari Grup C untuk terus melaju ke babak perempat final.