Indra Sjafri: Tim U-20 Indonesia terus Mengalami Peningkatan

Tim U-20 Indonesia terus mengalami perkembangan positif pada pemusatan latihan (TC) yang dilaksanakan di Jakarta. TC tersebut dimulai sejak 30 Desember lalu hingga 10 Februari mendatang.

Pada Rabu (7/2), skuad Garuda Nusantara bermain imbang 0-0 melawan tim Korea League 1 yakni Suwon FC di Stadion Madya, Jakarta. Laga uji coba tersebut dimainkan dengan skema 3x35 menit.

Pertandingan berlangsung menarik dan tim Suwon FC juga menurunkan tim utama mereka. Duel antar pemain serta tempo pertandingan yang cepat dan keras juga mewarnai laga ini. Banyak peluang tercipta baik dari tim U-20 maupun Suwon FC, Meski begitu hasil tetap imbang 0-0.

Terkait hasil ini, pelatih tim U-20 Indonesia, Indra Sjafri menyatakan bahwa anak asuhnya mengalami banyak perkembangan. Apalagi sebelumnya mereka dua kali menjalani laga uji coba internasional melawan Thailand dan Uzbekistan.

"Uji coba melawan merupakan cara melihat perkembangan kualitas pemain setelah mengikuti stimulus latihan pada fase awal pembentukan tim U-20 Indonesia," kata Indra Sjafri.

"Saya puas apa yang ditampilkan pemain saat lawan Suwon FC. Melihat kemampuan pemain dalam memahami filosofi permainan dan game plane sudah sesuai apa yang kami inginkan. Meski begitu, kami juga terus melakukan promosi dan degradasi pemain," tambahnya.

Pada Jumat (9/2), skuad Garuda Nusantara kembali menjalani internal game. Setelah itu keesokan harinya tim akan selesai melakukan pemusatan latihan dan seluruh pemain dikembalikan ke klub masing-masing.

Untuk pemusatan latihan selanjutnya direncanakan akan dimulai pada Maret mendatang.

Tim U-20 Indonesia pada tahun ini akan mengikuti sejumlah turnamen seperti Piala AFF U-19 2024, Kualifikasi Piala AFC U-20 2025 dan tentu target lolos ke Piala Dunia U-20 2025 mendatang.