Indonesia Optimistis Lolos ke Babak Kedua Kualifikasi Piala AFC Wanita U-20

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah selesai melakukan undian Kualifikasi Babak Pertama Piala Asia Wanita AFC U-20 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (3/11) siang.

Dari hasil undian yang dilakukan, tim wanita U-20 Indonesia berada di Grup F bersama Vietnam, India dan Singapura.

Sebanyak 31 tim yang akan berpartisipasi dibagi menjadi delapan grup, di mana terdapat tujuh grup yang diisi oleh empat tim dan satu grup diisi oleh tiga tim.

Piala Asia Wanita AFC U-20 2024 ini merupakan ajang dua tahunan yang digelar AFC. Kualifikasi babak pertama pun akan digelar pada 4-12 Maret 2023 di delapan venue sentral yakni di Laos, Palestina, Kirgistan, Yordania, Thailand, Vietnam, Kamboja dan Bangladesh.

Indonesia yang berada di Grup F akan menjalani kualifikasi babak pertama di Vietnam yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

Menanggapi hasil undian ini, pelatih kepala tim U-20 Indonesia Rudy Eka akan mempersiapkan diri bersama tim untuk kualifikasi babak pertama ini.

“Alhamdulillah hari ini undian sudah dilaksanakan untuk kelompok umur U-20. Kita tahu saat ini kita berada satu grup dengan negara ASEAN lagi, selain India. Saat gelaran AFF U-18 kemarin, kita sudah melihat bagaimana permainan mereka. Tinggal nanti kita persiapkan diri semaksimal mungkin. Apalagi Indonesia menjadi tim debutan di kompetisi ini” ujar Rudy Eka.

Piala Asia Wanita AFC U-20 ini akan digelar di Uzbekistan pada  2024. Delapan tim yang berhasil menjadi juara grup pada kualifikasi babak pertama pada 4-12 Maret 2023 otomatis masuk ke kualifikasi babak kedua yang akan digelar pada 3-11 Juni 2023.

Berikut hasil lengkap undian Kualifikasi Babak Pertama Piala Asia Wanita AFC U-20 2023:

Grup A: China PR, Laos (H), Hong Kong, Filipina

Grup B: Nepal, Uni Emirat Arab, Kepulauan Mariana Utara, Palestina (H)

Grup C: Australia, Kirgistan (H), Guam, Irak

Grup D: Lebanon, Yordania (H), Mongolia, Bhutan

Grup E: Thailand (H), Chinese Taipei, Tajikistan, Uzbekistan

Grup F: Vietnam (H), India, Singapura, Indonesia

Grup G: Myanmar, Malaysia, Pakistan, Kamboja (H)

Grup H: Iran, Bangladesh (H), Turkmenistan