Indonesia Jalani Dua Uji Coba Persiapan FIFAe Nation Cup 2021

Tim nasional eSport Indonesia akan menjalani dua laga uji coba, sebagai persiapan memantapkan diri menjelang turnamen FIFAe Nation Cup 2021. FIFAe Nations Cup 2021 akan digelar di Copenhagen, Denmark pada 20-22 Agustus 2021 mendatang.

Indonesia masuk di Grup B, bersama dengan Jerman, Israel, Belgia, Amerika Serikat dan Argentina. Pada laga uji coba nanti, Indonesia akan berhadapan dengan dua penantang, yaitu Singapura dan Korea Selatan.

Sebelumnya, perjalanan Indonesia pada gelaran ini bermain lebih dahulu di partai final winner bracket FIFAe Nations Online Qualifiers 2021 zona Asia dan Oceania kontra Jepang.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan optimistis tim Indonesia akan mendapatkan hasil terbaik di dua laga uji coba ini. Ia pun menyatakan bahwa Indonesia siap dan tidak gentar berada di grup B turnamen nanti dan ini merupakan salah satu kesiapannya.

Pelatih tim, Fadh Karim mengatakan, “Kami menyiapkan susunan line up terbaik untuk Playstation dan Xbox. Juga persiapan menggunakan controller Xbox. Karena bagi semua pemain kita belum terbiasa dengan controller Xbox,” buka Fadh.

Melihat calon lawan, Fadh mengungkapkan kalau Korea Selatan dan Singapura adalah lawan yang paling cocok bagi timnya. “Karena mereka mempunyai gaya main bertahan yang sangat bagus. Cocok untuk pemain kita bagaimana bisa membongkar pertahanan-pertahanan yang kuat,” tuturnya.

Di dua laga uji coba nanti, Fadh menilai timnya ingin meraih hasil maksimal. “Tapi kembali lagi ke tujuan uji coba adalah untuk menyesuikan gaya main yang sudah kita terapkan sebelum ke Denmark. Jadi apapun hasilnya kita terima,” katanya. “Singapura saya kira yang nantinya akan merepotkan, karena mereka memiliki pemain-pemain berkelas dunia,” tambahnya.

Dari dua lawan uji coba nanti, Fahd dan timnya ingin mempelajadi gaya bertahan mereka. “Gaya defense mereka yang perlu kita pelajari dan bagaimana pemain kita bisa fokus terhadap counter attack dari pihak lawan,” ucapnya.

Sementara itu, dari sisi pemain, Pugu Mujahid Mantang mengutarakan, “Singapura adalah lawan yang cukup berat. Mereka memiliki pemain yang cukup berpengalaman di dunia gim FIFA itu sendiri. Jadi kami harus waspada,” ungkapnya. “Kemudian, neintoday mungkin menjadi salah satu pemain Singapura yang punya pertahanan bagus,” kata Pugu.

Laga uji coba ini dapat disaksikan secara langsung di Youtube resmi PSSI pada tanggal 22 Juli 2021, antara Singapore vs Indonesia, pukul 19.00 WIB. Dan yang terakhir, di tanggal 23 Juli 2021 Korea Selatan vs Indonesia pukul 13.00 WIB.