Hasil Drawing 8 Besar Kratingdaeng Piala Indonesia

Gelaran turnamen Kratingdaeng Piala Indonesia tahun 2019, akan memasuki babak 8 besar. Delapan tim sudah memastikan diri lolos ke babak ini. Babak ini masih menggunakan sistem kandang dan tandang seperti pada babak 16 besar. Sebelum kick off dimulai, PSSI telah mengadakan pengundian untuk menentukan lawan yang akan dihadapi oleh masing-masing klub tersebut, yang berlangsung di Hotel Century, lantai 6 (15/4).

Delapan tim yang akan berlaga adalah Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya, Bali United, Persib Bandung, Madura United, Persija Jakarta, Borneo FC, dan PSM Makassar. Mereka sudah mendapatkan lawan tanding mereka di babak delapan besar ini. Babak 8 besar akan dimulai tanggal 23 April 2019, untuk babak Semi Final akan diputar tanggal 15 Juni 2019, sementara Final rencananya akan berlangsung tanggal 30 Juni 2019.

Babak 8 besar ini akan dibuka oleh duel antara Bhayangkara FC melawan PSM Makassar. The Guardian sukses menaklukkan PSIS Semarang dengan skor 1-1 dan 4-1 (agregat 5-2). Sementara PSM Makassar tampil trengginas menghancurkan Perseru Serui dengan skor agregat 12-0 (9-0 dan 3-0).

Pertandingan kedua, mempertemukan Persebaya Surabaya dengan Madura United. Keduanya pernah bertemu pada laga semifinal Piala Presiden 2019. Kala itu Madura United harus mengakui keunggulan lawannya. Pada laga 16 besar Kratingdaeng Piala Indonesia, Persebaya Surabaya tampil superior kala menaklukkan Persidago Gorontalo dengan agregat skor 11-1 (4-1 dan 7-0). Madura United menghentikan laju Sriwijaya FC dengan agregat skor 7-1 (5-0 dan 2-1).

Laga berikutnya mempertemukan Bali United melawan Persija Jakarta. Bali United berhasil meraih kemenangan dengan agregat 3-0 (1-0 dan 2-0) saat berhadapan dengan Persela Lamongan. Sedangkan Persija Jakarta berhasil menundukkan Tira Persikabo dengan agregat skor 4-2 (2-2 dan 2-0).

Terakhir, Borneo FC akan menjamu Persib Bandung. Pesut Etam Borneo FC menang agregat 1-0 atas PSS Sleman, dimana Pesut Etam unggul satu gol kandang dan bermain imbang 0-0 di laga tandang mereka. Persib Bandung menghempaskan Arema FC dengan agregat skor 3-3, tim asal Bandung itu unggul dalam jumlah produktivitas gol tandang.

132 pertandingan sudah digelar sejauh ini. Babak 128 besar tersaji 55 pertandingan, babak 64 besar 30 pertandingan, babak 32 besar 31 pertandingan, dan babak 16 besar ada 16 pertandingan.

Dari sisi penonton, total 632.054 pasang mata sudah menyaksikan secara langsung tim kesayangannya berlaga di Stadion. Babak 128 besar tercatat 117.972 penonton, babak 64 besar 106.001, babak 32 besar 235.188 dan saat babak 16 besar sebanyak 172.893 penonton.

Rekor jumlah penonton terbanyak terjadi saat laga Persebaya Surabaya melawan Persinga Ngawi, di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (16/2) dengan jumlah penonton sebanyak 36.927 orang, dimana saat itu tuan rumah menang 8-0.

"Saya terkejut dengan jumlah penonton Persebaya vs Persinga, itu membuktikan bahwa meskipun Persinga berasal dari Liga 3, pendukungnya tetap banyak dan itu juga membuktikan bahwa Liga 3 tetap bergairah. Pertandingan babak 8 besar ini juga menjadi titik tempur kontestan untuk terus berjuang hingga final. Semoga pertandingan dapat berjalan dengan baik," ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Produktivitas jumlah gol pada turnamen ini tidak bisa dianggap remeh, 573 gol sudah tercipta dalam gelaran ini, sejak babak 128 besar hingga 16 besar. Amido Balde tampil sebagai pemuncak torehan pencetak gol terbanyak sejauh ini, dengan 10 golnya, Amido adalah pemain baru di Persebaya Surabaya dan dia langsung menjadi top skor hanya dari tiga laga yang diikutinya sejak dia disana. Peringkat kedua, ada nama Zulham Zamrun dengan 7 gol, dan ketiga ada Herman Dzumafo dengan 6 golnya.

Apresiasi juga terucap dari Davin Thomas Lai, Head of Marketing PT Asiasejahtera Perdana Pharmaceutical (ASPP). "Terima kasih kepada PSSI. Dalam perjalanannya mungkin masih banyak kendala di jadwal, tapi berkat kerja sama yang baik, kita bisa terus berjalan sesuai dengan jadwal. Selamat untuk para tim yang sudah bisa sampai sejauh ini. Selamat bertanding, semoga dapat bermain dengan baik dan yang keluar sebagai juara itulah yang terbaik," jelasnya.

Pengundian ini yang terakhir di gelaran Kratingdaeng Piala Indonesia, untuk babak semi final dan final, tidak ada pengundian lagi. Babak 8 besar hingga final nanti rencananya akan berlangsung kembali dengan sistem home and away.

Pada akhirnya nanti, saat acara closing ceremony, Akan diumumkan dan diberikan penghargaan bagi Best player (pemain terbaik), Top scorer (pencetak gol terbanyak) dan penghargaan bagi tim yang sudah bermain secara Fairplay selama gelaran berlangsung.

Hasil Pengundian Babak 8 Besar Kratingdaeng Piala Indonesia:


Q1: Bhayangkara FC vs PSM Makassar (Q2)
Q3: Persebaya Surabaya vs Madura United (Q4)
Q5: Bali United vs Persija Jakarta (Q6)
Q7: Borneo FC vs Persib Bandung (Q8)

Berita terkait