Gol Tunggal Zico Menangkan Indonesia U19

Tim Nasional Indonesia U19 sukses memenangkan pertandingan melawan Iran U19, dengan skor tipis 1-0, berkat gol tunggal dari Sutan Zico pada menit ke-48, dalam laga yang berlangsung di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Rabu (11/9).

Pelatih kepala tim, Fakhri Husaini menurunkan beberapa pemain yang belum bermain pada laga pertama di Bekasi. Kala itu, Iran U19 unggul 2-4 atas Indonesia U19. Hal ini untuk memberikan kesempatan pada mereka. Sisanya adalah pemain yang biasa bermain saat Piala AFF U18 di Vietnam.

Posisi penjaga gawang, dipercayakan ke M. Adisatryo, lini belakang Amiruddin Bagas kembali mengisi sisi kanan belakang, di tengah ada Komang Teguh dan Fadhil Adhitya serta Salman Alfarid di sisi kiri pertahanan.

Lini tengah, Beckham Putra yang tampil apik di laga pertama, diistirahatkan oleh Fakhri. Rendy Juliansyah menggantikan peran Beckham diposisinya, ditumpu oleh duet Brylian Aldama dan kapten tim, David Maulana. Amiruddin Bagus dan Imam Zakiri. Sutan Zico kembali menjadi pilihan utama di lini depan timnas U19.

Sepanjang babak pertama, Indonesia dapat mengimbangi permainan dari Iran, para pemain tampil apik, berani bertarung dan duel udara. Sepertinya, mereka banyak belajar dari laga pertama. Dan itu mereka buktikan di pertandingan ini. Tidak ada gol di paruh pertama laga. Skor imbang bertahan 0-0 selama babak ini.

Babak kedua, Indonesia baru bisa mencetak gol kala masuk menit ke-48. Melalui satu counter attack setelah menahan satu serangan dari Iran. Berawal dari umpan David Maulana dari lini tengah ke Supriadi, pemain bernomor punggung 11 itu melakukan penetrasi ke kotak penalti, dengan sedikit gerakan tipuan ke pemain bertahan Iran, dia lalu memberikan umpan kepada Sutan Zico. Tendangan Zico tidak dapat dibendung kiper Amir Hossein Nikpour.

1-0 untuk keunggulan Indonesia U19. Setelah gol itu, David Maulana, dkk terus menggempur pertahanan Iran U19. Satu peluang emas mereka miliki untuk menggandakan kedudukan pada menit ke-53. Melalui skema tendangan bebas, Beckham Putra melepas sepakan terukur ke gawang Iran. tapi Amir Hossein dengan sigap menepis bola.

Di menit ke-87, Iran hampir saja menyamakan kedudukan. Menerima umpan terobosan Alireza Khodaei mampu melewati penjaga gawang Ernando Ari. Dia kemudian melepas tembakan yang dengan gemilang masih mampu ditahan oleh Muhammad Salman Alfarid.

Namun belum ada gol tambahan dari kedua tim. Skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia U19 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain Indonesia U19 vs Iran U19

Indonesia U19: M. Adisatryo; Bagas Kaffa, Komang Teguh, Salman Alfarid, Fadhil Adhitya; David Maulana (c), Brylian Aldama, Rendy Juliansyah, Bagus Kahfi, Imam Zakiri; Sutan Zico

Iran U19: Amir Hossein Nikpour; Hossein Shaverdi, Ahmad Reza Jalali (c), Mohammadreza Asgari, Mohammad Reza Abadi; Alireza Asar Abadi, Yasin Salmani, Hossein Zavvari, Mahdi Rahimabadi; Aria Barzegar; Mahdi Mohammad Ahmadi

Berita terkait