Gol Tunggal Brylian Kalahkan Deltras Sidoarjo

Tim Nasional Indonesia U-19 sukses meraih kemenangan kembali, pada uji coba kedua dalam rangkaian tur Jawa Timur mereka, setelah menundukkan Deltras Sidoarjo 1-0 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (20/7). Gol tunggal tim asuhan Fakhri Husaini ini dicetak oleh Brylian Aldama pada menit ke-35.

Pada laga ini, Indonesia bermain dominan sejak menit awal. Mereka memang menciptakan banyak peluang tapi sayangnya banyak yang terbuang sia-sia, mengandalkan dari sisi sayap, mereka jarang melakukan serangan dari lini tengah. Lini pertahanan Deltras malam itu juga mampu mengantisipasi dengan baik.

Garuda Muda akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-35 lewat gol Brylian Aldama. Memaksimalkan kelengahan lini pertahanan tuan rumah, Brylian mampu menyepak bola dari luar kotak penalti yang melesak mulus ke gawang.

Skor 1-0 itu bertahan hingga akhir pertandingan. Upaya Indonesia menambah gol di babak kedua juga urung tercapai karena beberapa kali peluang terbuang sia-sia.

Kendati hanya menang dengan skor tipis, pelatih kepala Timnas Fakhri Husaini mengaku puas. Pasalnya, anak buahnya menunjukkan daya juang tinggi di sepanjang laga. Dia juga mengapresiasi bagaimana cara Rendy Juliansyah, dkk bermain.

“Bukan kalah menangnya yang saya lihat, tapi cara mereka bermain dan semangatnya untuk memenangkan pertandingan,” katanya.   

Bukan hanya lini depannya yang dia puji, Fakhri juga menilai lini belakangnya tampil kuat dan solid. “Semoga cara mereka bermain seperti ini bisa terus dipertahankan. Tentu saja harus kami tingkatkan supaya bisa lebih baik saat tampil di Piala AFF U-18 di Vietnam."

Fakhri tak lupa mengucapkan terima kasih pada Deltras yang memberikan perlawanan ketat pada timnya. Terutama bagaimana cara Deltras melakukan penjagaan ketat pada para pemainnya, sehingga timnya memiliki pengalaman saat menghadapi lawan yang memiliki pertahanan sekuat tim berjulukan The Lobster.

Ini jadi kemenangan kedua Indonesia setelah sebelumnya mengalahkan Persibo Bojonegoro dengan skor 2-1. Saat itu gol-gol kemenangan diciptakan Rendy Juliansyah dan Bagus Kahfi. Masih ada satu lagi tim Jawa Timur akan dihadapi Indonesia yakni Persekabpas Pasuruan, Senin (22/7).

Rangkaian tiga uji coba Garuda Muda di tur Jawa Timur ini adalah bagian dari persiapan menuju Piala AFF U-18 di Vietnam, 6-19 Agustus 2019. Mereka gabung di Grup A bersama Myanmar, Laos, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam.