Festival Filanesia 2018 Untuk Kompetisi Usia Muda

PSSI baru saja merampungkan Festival Sepak Bola Filosofi Indonesia (Filanesia) di National Youth Training Centre (NYTC), Sawangan dari tanggal 10 hingga 15 Juli 2018. Festival yang dikhusus untuk usia 16 tahun ini diikuti oleh 15 klub peserta Go-Jek Liga 1 2018.

Program yang juga bagian dari Elite Pro Academy ini baru pertama kali diadakan oleh PSSI. Diharapkan akan mampu muncul generasi pemain yang berkualitas dan proses pengembangan pemain usai muda lewat event ini.

Direktur Teknik PSSI, Danurwindo mengatakan festival filanesia 2018 ini sebagai persiapan PSSI untuk menggelar kompetisi kelompok usia muda di tingkat elit. Ia menyatakan bahwa biar bagaimanapun juga untuk bisa mencetak pemain-pemain masa depan di Liga, harus ada kompetisi dan pelatihan yang bagus.

"Kompetisi dan pelatihan yang berkualitas akan menghasilkan pemain-pemain yang berkualitas.
Inilah sebenarnya tujuan daripada elit pro akademi yang dibikin PSSI," kata Danurwindo.

Festival ini digelar juga sebagai persiapan kompetisi Liga 1 U-16 yang akan digelar pada September mendatang. Selain menggelar festival, sebelumnya juga telah digelar workshop Elite Pro Academy di tempat yang sama.

"Kompetisi ini nantinya bukan hanya untuk kepentingan PSSI tapi kepentingan klub untuk mempersiapkan pemain-pemain masa depan. Sehingga nanti kualitas kompetisi di level utama akan lebih meningkat karena sudah dipersiapkan semenjak usia muda. Dan bukan hanya itu, karena di usia muda mereka dituntut kemampuan, teknik, skill, kecerdasan, dan fairplay. Itu yang paling penting," tambah Danurwindo.

Kompetisi Liga 1 U-16 nantinya akan diikuti 18 tim peserta Liga 1 2018. Sistem yang dipakai yakni dibagi dalam tiga grup dengan sistem kandang dan tandang sebanyak dua kali masing-masing. Selain itu, hasil kompetisi ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia U-19 atau U-16 untuk mencari pemain.

"Tahun ini baru tim Liga 1 yang diwajibkan ikut Liga 1 U-16, bisa saja tahun depan tim Liga 2 harus mengikuti. Intinya yang paling terpenting di Liga 1 U-16 tahun ini setiap pemain dapat berlatih dan bertanding. Karena nanti setiap grupnya ada enam tim yang bermain bukan sekali tapi dua kali kandang dan dua kali tandang. Berarti mereka di setiap grup bisa main 20 kali dalam tiga bulan," tukas mantan pelatih Timnas Indonesia era 1990'an ini.