Fakhri Uji Fisik dan Taktik Pemain

Pelatih timnas U-16 Fakhri Husaini menguji fisik dan taktik pemainnya pada laga uji coba pertama di Stadion Atang Sutresna, Kompleks Kopasus, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (25/1). Pada laga ini David Maulana dan kawan-kawan menang 2-0 atas Bina Sentra lewat gol David dan Muhammad Supriadi.

Pada sesi ini Fakhri memainkan 30 pemain secara bergantian. “Saya menurunkan dua tim di pertandingan ini, menang bukan tujuan utama dalam uji coba. Terpenting, yang ingin saya lihat adalah pemahaman para pemain terhadap materi taktik, fisik, mental yang sudah kami berikan selama mereka berada dalam pemusatan latihan,” tutur Fakhri usai pertandingan.

Fisik dan taktik yang ditunjukkan oleh para pemain sudah tidak diragukan lagi oleh pelatih yang sukses merebut tiket final piala Asia U-16 2018, terutama tim yang diturunkannya pada babak pertama. “Perhatian utama saya tertuju kepada para pemain yang bermain pada babak kedua. Ada penurunan tempo permainan di babak itu. Tim kedua ini masih harus memerlukan waktu latihan yang cukup lama, lima hari ini saya rasa belum cukup bagi mereka untuk menyamakan persepsi bermain dalam tim ini,” ungkapnya.

Timnas U-16 melakukan pemusatan latihan hingga tanggal 27 Januari 2018 untuk periode pertama. Periode kedua rencananya akan dilaksanakan tanggal 1 Februari hingga 3 Maret 2018. Dengan beberapa kali uji coba di tanggal 11 Februari, 25 Februari, 4 Maret 2018. Dua uji coba lagi akan dilakoni tim ini di Tanggal 26 Januari 2018, pukul 15.00 WIB kontra Diklat Ragunan U-17 dan yang terakhir tanggal 27 Januari 2018, pukul 07.30 WIB berhadapan dengan PPLP DKI U-17.

Tim ini dipersiapkan untuk melakoni beberapa turnamen yang padat tahun ini. Dibuka dengan turnamen Jenesys (The Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youth) di Jepang yang rencananya akan digelar pada tanggal 6 – 15 Maret 2018. Kemudian piala AFF U-16 2018 30 Juli – 11 Agustus 2018 dimana Indonesia sebagai tuan rumah dan yang terakhir ada piala AFC U-16 2018 di Malaysia tanggal 20 – 30 September 2018.

“Turnamen Jenesys bukan tujuan dan target utama kami, saya justru ingin tim ini bisa memanfaatkan turnamen tersebut sebagai pemanasan dan menambah jam terbang Internasional mereka. Siapapun lawannya, kami siap berhadapan dengan mereka. Kami masih punya waktu beberapa bulan lagi untuk melakukan persiapan menghadapi Piala Asia U-16 di Malaysia bulan September 2018. Jadi saya ingin pemain bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin dan saya masih bisa mengatur siapa saja yang bisa masuk ke tim ini. Tentu akan ada promosi dan degradasi pemain, saya masih punya daftar 55 pemain lagi untuk menemukan racikan pemain yang pas untuk tim,” tutupnya.

Susunan Pemain Timnas U-16

Babak Pertama
Kiper: Ernando Ari
Belakang: Amirudin Bagas, Ahmad Rusadi, Fadilah Nur Rahman, M. Yudha
Tengah: David Maulana, Rendy Juliansyah, Andre Oktaviansyah
Depan: Amanar Abdillah, Sutan Zico, M. Supriadi

Babak Kedua
Kiper: Ahludz Dzikri
Belakang: I Made Riswanda, M. Reza, Rahmat Hidayat, M. Salman
Tengah: Ahmad Fahrul, Fatah Aji, M. Talaohu
Depan: Yadi Mulyadi, M. Fajar, M. Arya