Empat Tim akan Beradu di Babak Semi Final Liga 1 Putri 2019

Liga 1 Putri sudah memasuki partai empat besar. Adapun empat tim yang berhasil melaju ke babak semi final adalah tim-tim yang berhasil menjadi juara dan runner up grup, yang sebelumnya terbagi menjadi dua grup yakni grup A dan grup B. Juara grup A ialah Persib Bandung, diikuti PS Tira di posisi kedua, sementara pemuncak klasemen akhir grup B ialah Persipura Jayapura didampingi Arema FC sebagai runner up. Adapun sebelumnya, sistem kompetisi yang dijalankan pada Liga 1 Putri ini adalah sistem round robin, dimana masing-masing grup diisi oleh 5 klub. Klub A dihuni oleh Persib Bandung, PS Tira, Persija Jakarta, PSS Sleman dan PSIS Semarang. Sementara grup B, diisi oleh Persipura Jayapura, Arema FC, Bali United, Persebaya Surabaya, dan PSM Makassar.

Persib Bandung sukses menempati posisi puncak klasemen grup A setelah mencatat 33 poin, hasil dari 10 kemenangan, 3 hasil imbang dan 2 kekalahan. Diikuti PS Tira dengan berselisih 3 angka yakni 30 poin, dari hasil 9 kemenangan, 3 hasil imbang dan 3 kali kekalahan. Sementara di grup B, Persipura Jayapura konsisten berada di peringkat pertama dengan mengemas 40 poin, dengan 13 kemenangan, 1 hasil imbang dan 1 kekalahan. Diikuti Arema FC di peringkat kedua, dengan mengemas 34 poin, yakni dari 11 kemenangan, 1 hasil imbang dan 4 kekalahan. Dengan hasil ini keempat tim dipastikan mendapat tiket ke semi final Liga 1 Putri 2019.

Dengan menggunakan sistem crossing, Persib Bandung sebagai juara grup A akan berhadapan dengan Arema FC sebagai runner up grup B. Begitu pula dengan PS Tira sebagai runner up grup A, akan saling berhadapan dengan Persipura Jayapura yang berhasil mengunci peringkat teratas pada papan klasemen grup B. Adapun sistem yang akan digunakan pada babak semi final yang akan dijalankan pada musim perdana Liga 1 Putri ialah sistem home-away.

Dipertemuan perdana kontra Persib Bandung nanti, tim asal Jawa Timur, Arema FC mengaku sudah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Meski sejak awal target yang ingin dicapai ialah lolos ke babak semi final, tim yang dinakhodai Alief Syafrizal ini mengaku tak mau terlena dengan pencapaian target tim hingga sejauh ini. “Setelah kami dipastikan lolos ke babak semi final, kami sudah siapkan diri untuk menghadapi siapapun lawan di grup A, baik Persib maupun PS Tira, karena mereka sama-sama mempunyai pemain yg berkualitas. Untuk persiapan jelang semi final, tetap sama seperti menghadapi pertandingan-pertandingan sebelumnya, cuma saya lebih fokus ke arah finishing touch & transisi, karena di seri ketiga dan keempat,  produktivitas gol tim menurun dari seri sebelumnya sedangkan untuk masalah transisi ada sedikit masalah yang harus dibenahi. Saya tekankan kepada anak-anak untuk memberikan penampilan yang terbaik, main lepas tanpa beban, nothing to lose, agar semua kemampuan mereka bisa keluar.” ungkap Alief.

Alief menambahkan bahwa kondisi pemain pun tengah fit jelang menghadapi laga semi final nanti dan semua pemain siap diturunkan pada leg perdana kontra tim berjuluk si Maung Bandung ini. “Kondisi pemain alhamdulillah seratus persen fit, tidak ada yg cedera maupun akumulasi kartu kuning dan semua siap dimainkan di semi final leg pertama melawan Persib Bandung. Saya yakin dengan kemampuan anak-anak, team work yang bagus dan suasana tim yg kondusif, insyallah tim ini bisa melangkah lebih jauh lagi dan menjadi kebanggaan, terutama untuk Aremania dan Aremanita di seluruh Indonesia” tutupnya

Sementara, PS Tira yang juga mengunci peringkat kedua klasemen akhir grup A akan menghadapi lawan kuat Persipura Jayapura di partai semi final. Akan menghadapi tim kuat yang hanya mencatat satu kekalahan di fase penyisihan, menjadi tantangan tersendiri bagi PS Tira. Tim yang bermarkas di Stadion Pakansari ini pun sudah melakukan persiapan khusus jelang semi final nanti. “Kami sudah ada diskusi tentang persiapan menghadapi Persipura Jayapura di laga semi final nanti, pasti akan ada diskusi dengan tim analis kami. Kami sudah melihat pertandingan-pertandingan dari tim lawan kami dan kami sudah tahu woman of the matchnya, secara taktikal dan strategi juga sudah kami analis. Kami sudah siapkan strategi khusus untuk tim terapkan, semoga dalam seminggu ini kami bisa berlatih maksimal dan strategi bisa diterapkan saat menghadapi papua, sehingga kami bisa meraih hasil positif” tutup pelatih PS Tira, Dzulfikri Bashari El Hassan.

Laga semi final Liga 1 Putri 2019 pun akan digelar dengan sistem home-away, dan dimulai dengan leg 1 pada Minggu, 1 Desember 2019, dimana Persib Bandung dan PS Tira yang akan menjadi tuan rumah terlebih dahulu. Dilanjutkan pada leg 2, pada Sabtu, 7 Desember 2019 dimana secara bergantian, Arema FC dan Persipura Jayapura yang akan menjamu Persib Bandung dan PS Tira.

 

Berikut Jadwal Semi Final Leg 1 Liga 1 Putri 2019

Minggu, 1 Desember 2019

 

Venue: Stadion Siliwangi, Bandung, Jawa Barat

Waktu: 16.00 WIB

Persib Bandung vs Arema FC

 

Venue: Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat

Waktu: 16.00 WIB

PS Tira vs Persipura Jayapura

Berita terkait