Elite Pro Academy Liga 1 U-18 Bergulir

Kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-18 Grup C 2019 bergulir di Lapangan NYTC, Sawangan, Depok, Minggu (16/6). Dengan ini, PSSI secara resmi membuka kompetisi yang pertama kalinya untuk kelompok umur tersebut. Sebelumnya, kompetisi kelompok umur U-16 sudah bergulir.

PSSI diwakili oleh Exco Refrizal dan Sekjen Ratu Tisha Destria, membuka acara yang berlangsung di Sawangan. Untuk pertandingan yang akan berlangsung 2x40 menit dengan waktu jeda 10 menit itu. Acara dilakukan sederhana dengan penyerahan tumpeng secara simbolis kepada para peserta dan juga perangkat pertandingan.

Ratu Tisha Destria mengatakan bersyukur karena PSSI menggulirkan kembali satu kompetisi kelompok umur dan menerangkan bahwa kompetisi ini nantinya bukan hanya untuk kepentingan PSSI. Tapi juga kepentingan klub untuk mempersiapkan pemain-pemain masa depan.

“Alhamdulillah kick off Liga 1 Elite Pro Academy U-18 2018 bergulir hari ini. Kompetisi ini nanti diharapkan agar kualitas kompetisi di level utama akan lebih meningkat karena sudah dipersiapkan semenjak usia muda,” kata Tisha.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria menyebutkan bahwa kompetisi ini akan menambah variasi kompetisi untuk kelompok usia. “Jadi saat ini selain ada kompetisi Elite Pro Academy U-16 beserta Piala Soeratin, ada kompetisi ini,” kata Tisha.

“Menjadi hal yang bagus untuk PSSI kedepannya. Bisa dibilang kompetisi ini merupakan tonggak awal yang penting untuk pembinaan usia muda sepakbola Indonesia. Karena sebelumnya kompetisi dari klub Liga 1 hanya ada di jenjang U-19. Pemain juga terasah sejak usia muda karena mereka dituntut kemampuan, teknik, skill, kecerdasan, dan dan yang terpenting adalah fairplay,” jelasnya.

18 klub Liga 1 mengirimkan pemain-pemain terbaik yang mereka punya untuk kelompok umur ini. Mereka terbagi kedalam tiga grup. Grup A, B dan C. Grup A diisi oleh tim-tim seperti PS Tira, Persija, Semen Padang, PSIS Semarang, PSS Sleman, Perseru Serui.

Bhayangkara FC, Persib Bandung, Barito Putera, Madura United, Arema FC dan Persela Lamongan masuk dalam Grup B. Sementara Grup C diisi oleh Kalteng Putra, PSM Makassar, Bali United, Borneo FC, Persebaya Surabaya, dan Persipura Jayapura.

Untuk tempat bergulirnya turnamen di Grup A dan B memakai format bertemu semua serta dua kali kandang dan tandang, dan mereka sudah bermain lebih awal, Sabtu (15/6). Sementara untuk Grup C berlangsung di venue netral, di Lapangan latihan tim nasional, Sawangan yang akan bergulir dari tanggal 16 hingga 22 Juni 2019.

Tiga pertandingan sudah berlangsung hari ini, dimana pada laga antara Kalteng Putra menang 2-1 atas PSM Makassar. Selain itu juga ada dua pertandingan lainnya di grup C, dimana Bali United menang telak 6-1 melawan Borneo FC. Laga penutup grup C hari ini dimenangkan oleh Persebaya Surabaya 4-2 melawan Persipura Jayapura.

Hasil Pertandingan Kompetisi Elite Pro Academy U-18

Sabtu 15 Juni 2019

Grup A

PS Tira 0 vs 1 Persija

Semen Padang 4 vs 2 PSIS

PSS 0 vs 1 Perseru

Grup B

Bhayangkara FC 0 vs 3 Persib

Barito Putera 1 vs 0 Madura United

Arema FC 0 vs 1 Persela

 

Minggu 16 Juni 2019

Grup A

PS Tira 1 vs 1 Persija

Semen Padang 2 vs 4 PSIS

PSS 2 vs 1 Perseru

Grup B

Bhayangkara FC 2 vs 2 Persib

Barito Putera 1 vs 1 Madura United

Arema FC 2 vs 0 Persela

Grup C

Kalteng Putra 2 vs 1 PSM

Bali United 6 vs 1 Borneo FC

Persebaya 4 vs 2 Persipura