DKI Jakarta dan Kalimantan Timur Melaju ke Babak Final di Piala Soeratin U-13 Putaran Nasional

DKI Jakarta dan Kalimantan Timur berhak mengamankan masing-masing satu tiket di final putaran nasional Piala Soeratin U-13, setelah pada babak semifinal, keduanya sukses menumbangkan lawan-lawannya, di Lapangan Garudayaksa Football Academy, Setu, Kabupaten Bekasi, Kamis (1/2).

Laga semifinal dimulai pukul 15.15 WIB molor 15 menit dari waktu yang sudah ditetapkan sebelumnya pukul 15.00 WIB, dikarenakan hujan deras beserta petir yang terjadi di tempat pertandingan. Faktor petir yang menjadi pertimbangan laga urung dilakukan pukul 15.00 WIB. Demi keselamatan para pemain U-13 agar terhindar dari sambaran petir, maka laga mundur 15 menit dari waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Baik DKI Jakarta maupun Kalimantan Timur mencetak skor identik 1-0. DKI Jakarta tumbangkan Jawa Barat, sedangkan Kalimantan Timur menghempaskan mimpi Jawa Timur untuk melaju ke final. Gol semata wayang DKI Jakarta, dicetak oleh Jovan Mereno di menit ke-22. Sedangkan pencetak gol tunggal Kalimantan Timur adalah Deny Nurjaya menit ke-25.

Sebuah catatan impresif ditorehkan DKI Jakarta di putaran nasional Piala Soeratin U-13 2023-2024. Tim ini selalu mengamankan kemenangan sejak awal turnamen hingga kemarin memastikan langkah ke final.

Pertandingan berlangsung di bawah guyuran hujan intensitas sedang menuju deras. DKI Jakarta mampu menguasai permainan plus mencetak gol semata wayang pada babak pertama, namun justru mulai tertekan begitu memasuki menit-menit akhir babak kedua.

Usai laga, pelatih DKI Jakarta, Apridiawan, mengakui kondisi cuaca buruk berupa hujan deras membuat anak asuhnya kurang luwes dalam mengolah bola dan menciptakan peluang gol. Dia bersyukur timnya bisa mempertahankan keunggulan hingga wasit meniup peluit akhir. 

"Pertandingan yang sangat sulit. Cuaca hujan deras sehingga lapangan basah dan sedikit tergenang di beberapa titik. Saya meminta anak-anak untuk bermain hati-hati," kata Apridiawan usai laga. 

Apridiawan mengapresiasi mentalitas para pemain yang tetap tenang meskipun lawan menjalankan strategi pressing setelah mereka unggul 1-0. Tim ini bahkan mengukir clean sheet keempat di Piala Soeratin U-13.

"Mentalitas anak-anak pantas diacungi jempol. Kami mampu memanfaatkan peluang yang ada dan menguasai pertandingan. Itulah yang paling penting," ujarnya menambahkan. 

Memandang laga final, Apridiawan mengakui belum mempelajari calon lawannya.

"Jujur saya belum mempelajari lawan. Saya fokus kepada tim sendiri dulu, membenahi kesalahan-kesalahan yang kami lakukan di laga semifinal," ucap Apridiawan. 

"Barulah kemudian kami tim pelatih menganalisa permainan lawan untuk menentukan strategi yang tepat dalam pertandingan final nanti," tandasnya. 

Hasil memuaskan di semifinal sekaligus menjaga rekor sempurna DKI Jakarta sejak awal (fase grup). Perinciannya yaitu mengalahkan Jambi (8-0), Riau (6-0), Banten (3-1), Lampung (4-3; babak 16 besar), Yogyakarta (2-0; perempat final), serta Jawa Barat (1-0; semifinal). 

Di sisi lain, kubu Kalimantan Timur memiliki perjalanan yang cukup unik di Piala Soeratin U13 2023-2024. Mereka lolos dari fase grup ke babak 16 besar kendati sama sekali tidak mengantongi poin.

Sejatinya Kalimantan Timur tergabung di Grup H bersama Papua dan Sulawesi Tengah, tapi provinsi yang disebut terakhir tiba-tiba mengundurkan diri, sehingga tinggal lah mereka berdua dengan Papua.

Artinya, tiket babak 16 besar Piala Soeratin U-13 sudah pasti dikantongi Persikutim, apa pun hasil melawan Papua. Mereka menelan kekalahan dari Papua dengan skor mencolok 2-4.

Namun, Kalimantan Timur seolah mengamuk di fase gugur. Mereka berturut-turut menggasak Sumatra Barat (3-0; 16 besar), Sumatra Utara (4-1; perempat final), dan Jawa Timur (1-0; semifinal) untuk melangkah ke final Piala Soeratin U13.

Di final, DKI Jakarta akan berjumpa Kalimantan Timur yang juga sukses menjungkalkan Jawa Timur di semifinal. Partai puncak akan bergulir di Lapangan Garudayaksa Football Academy Minggu (4/2), pukul 15.00 WIB.

Adapun, untuk Jawa Barat dan Jawa Timur akan kembali bermain memperebutkan juara ketiga yang akan dimainkan sebelum laga final, di pukul 08.00 WIB.

Berikut Hasil Babak Semifinal Putaran Nasional Piala Soeratin U-13:

DKI Jakarta 1-0 Jawa Barat

Kalimantan Timur 1-0 Jawa Timur