Cina Kokoh di Puncak Klasemen Grup G

Penampilan meyakinkan, diperagakan Cina, usai sukses melumat Kepulauan Mariana Utara dengan skor telak 15-0, dalam laga yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (20/9). Zeng YaoZhang dan Huang Peizhao menjadi motor serangan tim Cina, mereka masing-masing mencetak empat gol.

Cina mencetak gol cepat saat laga baru berjalan empat menit, melalui Zeng YaoZhang, pemain ini kemudian mencetak gol lagi di menit ke-6. Menit ke-17, Cui Xinglong kembali menambah gol bagi Cina. Babak pertama ditutup dengan tujuh gol yang menghujam gawang lawan yang dijaga oleh Merrick Vicente Toves. Gol-gol tersebut berasal dari Zeng YaoZhang di menit ke-29. Dan di menit ke-36 oleh Huang Peizhao.

Babak kedua, Cina menambahkan deposit golnya menjadi delapan. Mengawali babak kedua, Cui Xinglong mencetak gol di menit ke-41, kemudian di menit ke-46 oleh Zeng YaoZhang, sekaligus raihan gol keempatnya.

Di menit ke-51, Cui Xinglong mencetak gol, disusul tiga gol lagi dari Huang Peizhao di menit ke-66, 68 dan 82. Dua gol terakhir lahir dari Maiwulang Mijiti di menit ke-81 dan 89.

Hasil ini, menurut pelatih Cina, Antonio Puche Vicente, bagus untuk bekal laga selanjutnya. “Saya senang dengan hasil ini, mereka bekerja dengan baik diatas lapangan. Meski lawannya Marina, tapi di sepak bola, kita harus bermain serius dan sungguh-sungguh,” katanya usai laga.

“Selanjutnya, lawan Indonesia kami tentu akan mengincar kemenangan, tapi sepertinya tidak mudah, apalagi mereka didukung oleh penonton yang akan mendukungnya. Kami akan berusaha mencuri kemenangan. Pemain sudah saya katakan untuk konsentrasi sepanjang laga. Karena lawan mereka adalah 11 orang yang ada di lapangan,” tambahnya.

Sementara itu, bagi pelatih Kepulauan Mariana Utara, Mita Michiteru, turnamen ini sangat penting untuk masa depan negara tersebut. “Ini pertandingan yang sulit, tapi menurut saya, pemain sudah melakukan pekerjaan fantastis. Turnamen ini baik bagi pengalaman pertandingan Internasional mereka, juga untuk pengembangan sepak bola di negara kami,” tuturnya.

Cina sementara ini menempatkan diri di puncak klasemen Grup G dengan raihan total sembilan poin dan memasukkan 28 gol tanpa kebobolan. Diikuti oleh Indonesia di peringkat kedua. Pertandingan terakhir, Cina akan berhadapan dengan Indonesia pada hari Minggu, 22 September 2019 pukul 19.00 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.