Babel dan Jatim Raih Kemenangan

 

Laga antara Sumatera Selatan kontra Bangka Belitung di Grup B membuka hari ketiga penyelenggaraan putaran Final Piala Pertiwi 2019 yang berlangsung di lapangan NYTC, Sawangan, Depok, Jawa Barat pada Jumat (26/4) pagi.

Tampil sebagai partai pembuka, kedua tim sama sama bermain ngotot sejak peluit kick off dibunyikan. Aksi jual beli serangan pun dipertontonkan kedua tim yang membuat pertandingan begitu menarik sejak awal babak pertama. Bahkan 4 menit laga baru berjalan, ketatnya persaingan membuat tim Bangka Belitung mendapat kartu kuning perdana, setelah pemain gelandang Ade Mustikiana melakukan pelanggaran. Tak ada satupun gol yang tercipta di paruh pertama hingga skor 0-0 bagi kedua tim bertahan hingga jeda.

Pasca turun minum, kedua tim kembali memberikan tekanan. Skuat Sumsel pun mencoba menembus barisan pertahanan tim Babel dan akhirnya gol tercipta melalui aksi Febriana Kusumaningrum pada menit ke-38. Namun keunggulan tim asuhan Isnan Ali ini tak berlangsung lama. Sepuluh menit Bangka Belitung menyamakan angka, kali ini lewat aksi Zahra Muzdalifah. Pemain bernomor punggung 12 pun kembali mencatatkan namanya di papan skor 4 menit berselang, tepatnya pada menit ke 52, setelah sepakan bebasnya tak mampu dihalau kiper Ranti Lestari. Keunggulan Bangka Belitung 2-1 atas Sumatera Selatan pun bertahan hingga laga usai.

Tambahan 3 poin semakin mengokohkan posisi Bangka Belitung di puncak klasemen sementara grup B dengan catatan 6 poin hasil dari 2 kemenangan, sementara Sumatera Selatan berada di peringkat kedua dengan catatan 3 poin dari hasil 1 kemenangan dan 1 kekalahan.

“Kami mengapreasiasi pemain karena telah bertanding dengan semangat yang luar biasa. Mereka bisa menjalankan intruksi dengan baik dan di babak 1 bisa menekan tim lawan dan banyak menciptakan peluang serta bisa mencuri 1 gol” ungkap kepala pelatih Isnan Ali. “Di babak ke-2 anak-anak mulai kehilangan konsentrasi dan kelelahan akibat dari sedikit nya waktu recovery, dimana sebelumnya kami menjalani babak play off dan selang 1 hari harus bertanding lagi. Semoga dengan recovery yang sedikit ini dimanfaatkan oleh pemain saya untuk pertandingan selanjutnya. Saya ucapkan terima buat Babel atas kemenangannya” tutupnya.

Sementara pelatih Bangka Belitung, Riswan menilai bahwa pertandingan hari ini cukup berimbang. Apalagi Sumsel dihuni materi pemain yang bagus. “Pertandingan hari ini cukup berimbang, kami malah berada dalam tekanan, tetapi akhirnya kami bisa keluar dari tekanan itu. Tim Sumsel bermain bagus karena pemain mereka juga banyak yang bermain di level timnas dan pernah memperkuat timnas. Saya hanya berikan instruksi untuk lepaskan ego dan bermain tanpa beban” tuturnya.

Sementara di pertandingan selanjutnya saling berhadapan Sumatera Utara dan Jawa Timur. Tampil dengan percaya diri, Jawa Timur langsung menciptakan gol di menit ke-10 melalui aksi Anisya Widyawati. Tambahan gol bagi Jawa Timur baru tercipta lagi di paruh kedua, tepatnya pada menit ke-41 melalui Vina Andaratih. 10 menit berselang l, Risna Delilah semakin menambah selisih angka bagi keunggulan Jatim menjadi 3-0. Satu-satunya gol yang diciptakan Sumut di laga ini hanya melalui sepakan Dila Husna pada menit ke-54. Skor akhir Sumatera Utara 1 dan Jawa Timur 3.

“Pertandingan ini seru karena kedua tim mengincar kemenangan, apalagi kami ingin menang supaya bisa melaju ke babak 8 besar. Sumut menekan kami, tapi akhirnya kami bisa keluar dari tekanan, akhirnya kami bisa meraih kemenangan” ungkap pelatih Jawa Timur, Weda. Pelatih mengaku menggunakan strategi memainkan pemain cadangan karena secara fisik mereka lebih siap.

Sementara pelatih Sumatera Utara M. Khaidir mengaku kurangnya konsentrasi menjadi faktor kalahnya pemain mereka hari ini “Kita babak pertama sudah bagus sebenarnya, tetapi kami kalah kecepatan, konsentrasi pemain kurang dan kami kecolongan” ungkapnya.
“Harusnya kami dapat poin hari ini karena ingin melaju ke babak selanjutnya. Tetapi kami kecolongan hari ini dan inilah hasilnya” tutupnya

Dengan hasil ini Jawa Timur menghuni peringkat 3 klasemen Grup B dengan mencatat 3 poin, dan umatera Utara menjadi juru kunci dengan tidak membukukan poin dari hasil 2 kekalahan dari 2 laga yang telah dijalani.

Sementara laga di grup C antara D.I Yogyakarta dan DKI Jakarta yang sedianya menjadi penutup laga di hari ketiga putaran final Piala Pertiwi 2018, harus tertunda setelah hujan deras yang melanda lapangan NYTC, Sawangan, Depok, Jawa Barat pada Jumat (26/4) petang. Laga keduanya sempat dijalankan selama 24 menit, namun derasnya hujan membuat wasit memutuskan untuk menunda pertandingan, dimana laga akan dilaksanakan pada Sabtu (27/4) pagi.

Setelah hari istirahat untuk kompetisi pada Sabtu (27/4) bagi semua tim, kecuali laga tunda antara D.I. Yogyakarta dan DKI Jakarta, fase penyisihan Putaran Final Piala Pertiwi akan kembali dilaksanakan pada Minggu (28/4) dari pagi hingga petang di lapangan NYTC, Sawangan, Depok Jawa Barat.

*Hasil Pertandingan Piala Pertiwi 2018, Jumat 26 April 2019

Sumatera Selatan 1 - 2 Bangka Belitung
Sumatera Utara 1 - 3 Jawa Timur

Berita terkait