Asnawi Bertekad Berikan yang Terbaik Untuk Timnas Indonesia

Asnawi Mangkualam Bahar mengatakan bahwa dirinya bersyukur kembali dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk bergabung bersama timnas Indonesia. Apalagi skuat Garuda akan menjalani pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 bulan Juni mendatang.

Indonesia akan melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni. AFC telah memilih UEA sebagai lokasi sentralisasi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia untuk Grup G.

"Tentu saya senang kembali dipanggil pemusatan latihan timnas Indonesia. Insya Allah saya bergabung dengan Timnas Indonesia pada 18 Mei 2021. Sekarang saya masih pemulihan cedera di Korea Selatan sampai 17 Mei 2021," kata Asnawi.

Asnawi Mangkualam mengalami cedera ketika membela Ansan Greeners ketika kalah 0-1 dari Seoul E-Land pada pekan kesembilan K League 2, pada 2 Mei 2021. Pemain yang pernah membela PSM Makassar ini harus absen selama dua pekan.

Saat ini, skuat Garuda sedang menggelar pemusatan latihan di Jakarta. Evan Dimas dan kawan-kawan akan berangkat ke Dubai pada 17 Mei 2021 untuk mematangkan persiapan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 38 pemain untuk pemusatan latihan kali ini. Enam nama di antaranya berasal dari luar negeri, termasuk Asnawi Mangkualam.

"Kalau bisa meraih kemenangan di tiga pertandingan itu, tentu bisa memperbaiki ranking Timnas Indonesia di FIFA. Yang jelas kami harus kerja keras, fokus, dan bermain maksimal," tambah Asnawi.

Saat ini Asnawi juga menjalani peran yang tidak biasa selama membela, Ansan Greeners. Biasa bermain sebagai bek kanan, di sana Asnawi diplot pelatih Kim Gil-sik sebagai penyerang sayap.

Hal tersebut membuat Asnawi harus belajar lagi, namun ia terus menikmati setiap tantangan yang diberikan oleh pelatih kepadanya. Meski, dirinya mengaku belum merasa nyaman sepenuhnya ketika harus dimainkan sebagai seorang winger.

"Kalau nyaman, memang belum. Posisi di winger belum, harus adaptasi lagi di posisi baru. Harus tahu kapan naik-turun, kapan membawa bola dan kapan mengumpan. Butuh adaptasi, tidak bisa instan. Sama seperti dahulu, dari gelandang ke bek kanan. Butuh adaptasi juga saat pertandingan, biar menyatu dengan teman-teman lain," tukas Asnawi.