Apresiasi Ketum PSSI untuk Menpora dan Kapolri

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali bersama Kapolri Jenderal, Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan di Stadion Manahan, Solo, Kamis (25/3) untuk melihat pertandingan Piala Menpora 2021 sekaligus pelaksanaan protokol kesehatan yang dijalankan di turnamen ini.

Kedatangan Menpora dan Kapolri disambut Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang didampingi Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita, dan Direktur Operasional Sudjarno. Selain itu Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka juga hadir. 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengucapkan terima kasih kepada Kapolri dan Menpora yang sudah datang ke Stadion Manahan, Solo untuk melihat dan mengecek protokol kesehatan pertandingan Piala Menpora 2021.

"Di balik kesibukan pak Kapolri dan pak Menpora, beliau-beliau bisa datang kesini, PSSI sangat mengapresiasi hal ini. Beliau tadi mengamati pertandingan dan pelaksanaan turnamen ini. Kami berkomitmen bahwa semua pertandingan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Iriawan.

"Pihak kepolisian juga membantu kami untuk menyampaikan kepada suporter agara tidak datang ke stadion dan tidak ada nobar yang bisa menyebabkan kerumunan. Insya Allah bila Piala Menpora 2021 berjalan lancar, kami berharap pak Kapolri bisa memberikan izin untuk Liga 1,2,3 dan kompetisi lainnya bergulir di tahun ini," harap pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa pihaknya meninjau pelaksanaan Piala Menpora 2021 untuk kembali melihat prokotol kesehatan yang dijalankan PSSI. Ia pun memuji kinerja PSSI dan LIB yang telah melaksanakan protokol kesehatan dengan baik.

"Pak Kapolri datang langsung kesini untuk memastikan apa yang pernah dipaparkan oleh PSSI dan LIB sebagai penyelenggara turnamen ini benar-benar dilaksanakan seperti yang dipaparkan ketika rapat koordinasi di kantor Kemenpora maupun di Mabes Polri," kata Menpora, Zainudin Amali.

"Beliau (Kapolri) bisa melihat sendiri dan tentu bisa memberikan penilaian terhadap PSSI. Selain itu, pak Kapolri ingin memastikan apakah benar tidak ada suporter yang datang di stadion dan sekitarnya," tambahnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa ia datang langsung ke stadion menilai penyelenggaraan Piala Menpora 2021 telah sesusai standar yang telah ditetapkan. Ia pun berharap hal ini bisa terus berlanjut dan menjadi awal baik demi bergulirnya kompetisi Liga 1, 2 dan yang lainnya pada tahun ini.

"Hari ini sengaja saya sidak tanpa pemberitahuan dengan maksud untuk mengetahui secara faktual. Saya lihat Alhamdulillah pelaksanaan Piala Menpora sesuai dengan komitmen awal," kata Listyo Sigit Prabowo.

"Bagaimana pertandingan dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Mulai masuk diperiksa dulu, terus swab, diberikan gelang, dan di dalam saya lihat aturannya di bangku cadangan dan siap untuk menjadi pemain pengganti pakai masker. Ini akan jadi penilaian kami terkait perjalanannya nanti dan jika tertib kami akan bicarakan soal Liga 1 dan Liga 2 yang sudah ditunggu rekan-rekan. Saya imbau juga kepada suporter yang sudah mendukung dari rumah dan berjalan dengan tertib. Tetap pertahankan. Turnamen ini sudah berjalan lancar dan sudah dilaksanakan dengan baik," tambahnya.

Pada kunjungan ini Ketum PSSI, Menpora dan Kapolri menyaksikan laga Tira Persikabo melawan PSIS Semarang. Skor akhir 1-3 untuk kemenangan PSIS. Laga selanjutnya yakni Arema FC versus Barito Putera di tempat yang sama.