Akhiri Perjuangan di AFF, Timnas Putri Kalahkan Kamboja 4-0

 

Timnas Putri Indonesia berhasil meraih kemenangan pada laga pamungkas grup B sekaligus laga terakhir bagi skuat Garuda Pertiwi pada gelaran AFF Women Championship 2019. Menghadapi Kamboja di Stadion Institue Physical of Education, Chonburi, Thailand pada Selasa (20/8) malam, Timnas Putri menang dengan skor akhir 4-0.

Menghadapi Kamboja, Timnas Putri tak mau lengah dan pulang dengan tangan hampa tanpa meraih poin. Pelatih Rully Nere pun menurunkan skuat terbaik pada laga penutup grup yang berlangsung dengan kondisi lapangan yang diguyur hujan. Tampil dengan kekuatan penuh, Timnas Putri tampil meyakinkan dengan memimpin jalannya laga di babak pertama. Bermain ofensif, skuat Garuda Pertiwi unggul lewat gol yang diciptakan Mayang pada menit ke-21 dan sepakan jauh Dewi Tia pada menit ke-25.

Unggul 2-0 di babak pertama tak menurunkan intensitas serangan skuat Garuda Pertiwi. Terbukti di babak kedua, Safira Ika Putri dan kolega kembali menekan pertahanan Kamboja dengan terus memberikan serangan di lini pertahanan. Kombinasi Baiq Amiatun, Mayang dan Octavianti di lini serang secara bergantian membuat barisan pertahanan Kamboja melemah. Gol akhirnya tercipta kembali pada babak kedua, melalui aksi Dewi Tia. Lagi-lagi tendangan dari jarak jauhnya berhasil menambah pundi angka bagi timnas Indonesia di tambahan waktu yakni tepatnya menit 91. Baiq Amiatun pun menyempurnakan kemenangan skuat Garuda Pertiwi di laga terakhir ini, tepatnya di menit 94, tepat sebelum peluit panjang wasit dibunyikan. Dengan ini skuat polesan Rully Nere ini berhasil mengunci kemenangan dengan skor akhir 4-0.

“Kami adalah dua tim yang sama-sama mengalami kekalahan di fase grup. Bukan hanya siapa yang kalah akan menjadi juru kunci, tetapi lebih kepada bagaimana anak-anak bermain bisa keluar dari tekanan. Tim lawan jugs baru pertama kali berpartisipasi dalam AFF Women Championship, itu artinya mereka masih belajar dan saat menghadapi mereka, kami juga sama-sama belajar, Karena kami tahu bahwa grup ini dihuni oleh tim yang bagus yakni Myanmar dan Vietnam, Kemenangan ini bisa memberikan kepercayaan diri dan motivasi karena para pemain setelah ini diperhadapkan pada seleksi untuk SEA Games 2019” ungkap pelatih kepala Timnas Putri, Rully Nere

Sementara itu, kapten Timnas Putri, Safira Ika Putri menilai permainan kontra Kamboja merupakan pertandingan menantang karena untuk pertama kalinya skuat Garuda Pertiwi bertemu dengan tim yang baru bergabung pada gelaran AFF Women Championship tahun ini. “Alhamdulillah kami diberi kemenangan hari ini dan ini menjadi satu-satunya kemenangan pertama dan satu-satunya kami di sini. kamboja timnya kuat dan cukup agresif, tetapi kami fokus saat menghadapi mereka, yakni dengan membuka ruang agar bola bisa melaju ke depan” ungkap Ika

Dengan kemenangan ini, maka Timnas Indonesia pun dengan ini telah menyelesaikan perjuangan pada gelaran AFF Women Championship 2019. Meski menang namun skuat Garuda Pertiwi harus pulang terlebih dahulu dan tak melaju ke babak semi final, setelah hanya meraih satu kemenangan dari 3 laga yang dihadapi. Timnas Putri Indonesia pun berada di peringkat ketiga klasemen akhir grup b dengan mengantongi 3 poin.

 

Berikut Hasil Laga Timnas Putri Indonesia pada Gelaran AFF Women Championship 2019

16 Agustus 2019

Myanmar vs Indonesia (7-0)

 

18 Agustus 2019

Indonesia vs Vietnam (0-7)

 

Jadwal

20 Agustus 2019

Kamboja vs Indonesia (0-4)