AFC Tegaskan Kewajiban Timnas dan Klub untuk Media

Konfederasi Sepak bola Asia (AFC – The Asian Football Confederation) mengingatkan semua anggotanya agar tim nasional dan klub-klub yang bertanding di seluruh kompetisi AFC memenuhi kewajiban untuk kepentingan media. Setidaknya ada tiga kewajiban yang harus dipenuhi yakni wawancara sebelum dan sesudah pertandingan, serta wawancara siaran langsung pemain atau pelatih seusai laga di pinggir lapangan.

AFC kembali menegaskan kewajiban ini karena juga terkait dengan nilai komersial pertandingan. Apabila anggota asosiasi AFC tidak mengadakan kegiatan tersebut, maka akan dikenakan sanksi karena itu semua sudah diatur dalam kode etik dan disiplin AFC.

Setiap kasus ketidakpatuhan tersebut akan mengakibatkan proses disiplin terhadap kedua anggota Asosiasi atau klub. AFC juga menekankan sikap tersebut sudah diatur didalam statuta AFC karena ini mencakup kegiatan media.

AFC kembali menekankan prosedur ini karena mereka menilai dalam beberapa tahun terakhir ini kegiatan media (terutama wawancara singat) itu trennya sudah menurun. Jadi mereka harus mengingatkan kembali kepada klub dan anggota asosiasi lainnya dibawah AFC untuk mengadakan aktivitas media tersebut dimana pemain dan ofisial harus turut serta dan hadir.