13 Pelatih Ikut Program Penyegaran

Sebanyak 13 pelatih mendapat kesempatan mengikuti program penyegaran yang diselenggarakan PSSI berupa workshop tactical periodisation for football fitness development di Sawangan, Depok. Dengan program ini diharapkan ada update pengetahuan dan wawasan bagi pelatih sehingga semakin menunjang tugas mereka.


Pelatih fisik Timnas Indonesia, Miguel Gandia dan Direktur Teknik PSSI, Danurwindo menjadi instruktur dalam program ini. Keduanya memberikan materi latihan pada pagi dan sore serta teori dan praktek.

"Acara ini merupakan salah satu bagian dari program filosofi sepak bola Indonesia. Nantinya para pelatih yang ikut workshop ini akan dijadikan instruktur khusus pelatih fisik," kata Direktur Teknik PSSI, Danurwindo.

"Periodesasi latihan fisik saat ini sudah berkembang dan selalu update. Oleh karena itu para pelatih di Indonesia juga harus selalu mengikutinya. Miguel merupakan salah satu pelatih fisik yang berkualitas, pengalaman dan ilmu dia sangat membantu dalam proses worksop ini," jelas mantan pelatih Timnas Indonesia ini.

Sementara itu, salah satu pelatih fisik yang ikut acara ini, Muchtar Hasibuan mengaku bersyukur mendapat kesempatan mengikuti workshop ini. Ia menilai acara ini sangat bagus dilakukan demi mendapat update ilmu latihan fisik dalam sistem periodesasi sepak bola.

"Sangat senang mengikuti acara ini, instruktur memberi tambahan update pengetahuan terkait periodesasi latihan fisik dan kebugaran. Jadi bagaimana program latihan fisik atau kebugaran dilakukan perhari atau setiap minggunya," kata Muchtar.

Selain menggelar Workshop Tactical Periodisation for Football Fitness Development, PSSI juga akan menggelar workshop untuk pelatih kiper pada bulan Juli mendatang. Selain itu, kursus A,B, dan C berlisensi AFC juga terus digeber oleh federasi sepak bola tertinggi di Indonesia ini.

*13 Nama pelatih yang ikut Workshop Tactical Periodisation for Football Fitness Development

1. Satia Bagdja, Timnas Wanita
2. Alex Aldha, Timnas Wanita
3. Nursaelan Santoso, Timnas U-19
4. Sansan Susanpur, Timnas U-16
5. Yaya Sunarya, Persib
6. Kartono Pramdan, Persib
7. Muchtar Hasibuan, Persik Kendal
8. Gasely Jun, PS TIRA
9. Agus Sugeng, Bhayangkara FC
10. Irwansyah, Semen Padang
11. Yogi Nugraha, Persija
12. Dino Sefrianto, Lampung Sakti
13. Danang Suryadi, Bontang