Timnas Wanita Tuntaskan TC di Jakarta

Timnas Wanita Indonesia menyelesaikan seleksi dan pemusatan latihan (TC) di Jakarta pada Selasa (31/3). Pada hari terakhir skuat Garuda Pertiwi diberikan materi ketahanan fisik dan bleep test di Lapangan D, komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Rangkaian menu latihan tersebut dimulai dengan pemanasan ringan oleh semua pemain, serta sedikit materi koordinasi. Para pemain pun dibagi menjadi tiga kelompok, dimana masing-masing diharuskan untuk melakukan gerakan berlari kecil dan terkoordinasi yang dipimpin oleh pelatih fisik Gaselly Jun Panam.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bersyukur timnas wanita mampu menyelesaikan TC pada hari ini. Apalagi TC berjalan dengan lancar dan para pemain terus menunjukkan perkembangan positif.

"PSSI akan terus mendukung semua program timnas wanita demi meraih prestasi. Saya juga mendapat update bahwa pemain selama TC terus semangat, bekerja keras dan mengalami peningkatan permainan. Ini hal yang bagus tentunya, saya harap terus ditingkatkan dan jangan cepat puas," kata Iriawan.

Sementara, pelatih timnas wanita Rudy Eka Priyambada mengatakan pada hari terakhir ia memang menggelar tes ketahanan fisik dan bleep test untuk para pemain.

"Hal ini penting sebagai pengumpulan data terkini bagi kami tim pelatih yang didapatkan secara langsung dari rekam kemampuan mereka di hari terakhir TC sebelum kembali ke daerah masing-masing,” kata Rudy Eka.

Setelah di awal latihan pemain dibagi menjadi tiga kelompok, skuat Garuda Pertiwi pun dibagi menjadi dua kelompok besar, dimana setiap pemain harus melakukan lari sprint dengan menggunakan timer. Masing-masing pemain diukur kecepatannya per detik dengan selama tiga kali.

“Semua komponen fisik telah kami berikan di TC ini. Yang menjadi perhatian kami sejak awal ialah menyangkut daya tahan dan kekuatan pemain. Aktivitas ini bisa mengukur kemampuan mereka dan sudah ada peningkatan, namun belum cukup baik untuk level timnas, jadi tetap perlu berbenah lagi. Sejauh ini tidak ada tantangan dan perbedaan secara signifikan antara pola latihan untuk pria dan wanita, tinggal bagaimana dan kapan memberikan formula yang tepat bagi tim,” tambah Gaselly Jun Panam.

Sesi ketahanan fisik pun diakhir dengan bleep test, dimana setiap pemain harus melakukan lari secara terus menerus diantara dua garis yang berjarak dua puluh meter. Test ini dilakukan untuk mengukur kapasitas kebugaran dan ketahanan kardiovaskular.

“Hasil test hari ini menjadi catatan penting dan patokan data bagi kami. Tim pelatih mengharapkan para pemain yang nanti kembali ke rumah masing-masing untuk terus selalu menjaga kondisinya hingga pemusatan latihan berikutnya digelar. Latihan secara virtual nanti akan coba kita lakukan untuk memantau dan menjaga kondisi dari pemain yang sudah ada,” tutup Rudy.

TC timnas wanita merupakan persiapan jangka panjang berlaga di SEA Games 2021 di Vietnam. Terdekat, Ade Mustika dan kawan-kawan akan mengikuti turnamen Jenesys U-18 yang rencananya akan digelar di Jepang pada 1-8 Juni mendatang.