Timnas Wanita Takluk di Laga Pamungkas Grup F

Timnas Wanita Indonesia harus takluk dari Taiwan pada Babak Pertama Kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Menghadapi Taiwan di Stadion Fouad Chehab, Jounieh, Lebanon pada Selasa (11/4) sore, Remini Rumbewas dan kolega kalah dengan skor akhir 4-0.

“Secara hasil memang tidak jauh berbeda dari pertandingan pertama, namun secara permainan lebih terorganisir. Transisi dari bertahan ke menyerang masih menjadi catatan. Harus butuh sinkronisasi lagi antar berbagai lini agar supaya bisa menghadapi situasi pertandingan seperti ini” ujar asisten pelatih Timnas Wanita Yopie Riwoe.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh kapten sekaligus pemain bertahan timnas wanita Remini Rumbewas. Remini mengatakan hari ini tim sudah memberikan yang terbaik namun penampilan tim lawan dinilai solid sehingga merepotkan barisan pertahanan skuat Garuda Pertiwi.

“Hari ini kami sudah memberikan yang terbaik. Meskipun kami sudah belajar dari kesalahan kami di pertandingan sebelumnya dan juga sudah menganalisa, namun harus diakui permainan mereka tim lawan lebih baik sehingga bisa memenangkan pertandingan” ujar Remini.

Pada pertandingan kedua sekaligus pertandingan pamungkas di fase grup, timnas wanita belum mencatat hasil maksimal. Skuat polesan Rudy Eka kebobolan 2 gol di babak pertama melalui aksi Wang Hsiang-Huei pada menit ke-7 dan Hsu Yi-Yun pada menit ke-35, diikuti 2 gol tambahan di babak kedua melalui gol bunuh diri Remini Rumbewas dan aksi Wu Kai Ching pada penghujung babak kedua tepatnya menit ke-90.

Dengan hasil ini skuat Garuda Pertiwi menjadi juru kunci klasemen grup F dengan tidak meraih satu pun kemenangan. Sementara juara grup menjadi milik Taiwan setelah membukukan dua kemenangan atas tuan rumah Lebanon dan Indonesia. Sebagai juara grup, Taiwan pun berhak lolos menuju babak kedua Kualifikasi Olimpiade Paris 2024.