Timnas Wanita Jalani Latihan Selama Karantina

Timnas Wanita Indonesia menggelar sesi latihan fisik secara virtual selama masa karantina sejak tiba di Tanah Air dari Tajikistan. Sejak mendarat pada Rabu (29/9) malam lalu, beberapa penggawa Garuda Pertiwi bersama ofisial memang wajib melakukan karantina selama 8 hari di salah satu hotel di Jakarta.

“Latihan fisik diberikan kepada pemain setelah kami tim pelatih memastikan mereka sudah dalam kondisi yang fit, karena sebelumnya kita menempuh perjalanan panjang dari Tajikistan dan sempat transit di Dubai, dilanjutkan dengan perjalanan yang cukup memakan waktu panjang ketika berada di pesawat dan proses saat mendarat di bandara yang cukup melelahkan, mulai dari PCR hingga mengambil barang bagasi” ungkap pelatih kepala Rudy Eka.

Selama masa karantina yang sudah memasuki hari ketiga, para pemain pun diberikan tugas oleh pelatih fisik Gaselly Jun Panam untuk melakukan streching-streching ringan terlebih dahulu di hari pertama, kemudian diberikan beberapa program latihan fisik untuk kemudian dilakukan dikamar oleh masing-masing pemain.

“Pada hari pertama memang para pemain tidak diberikan program latihan karena lebih banyak diberikan waktu istirahat terlebih dahulu, barulah di hari kedua dan ketiga sampai karantina selesai, para pemain yang berada dalam masa karantina ini diberikan program latihan fisik untuk menjaga kebugaran mereka selama karantina” ujar Gaselly.

Adapun menu latihan fisik mandiri yang wajib dilakukan oleh para pemain meliputi beberapa materi yakni push up, sit up, wall squat, high knee, plank dan side plank untuk kedua sisi kiri dan kanan, dimana masing-masing gerakan harus dilakukan sebanyak tiga set setiap harinya.

Pada awal karantina, para pemain pun diwajibkan untuk mengirimkan video saat mereka melakukan gerakan yang diwajibkan, lalu kemudian menjadi bahan koreksi bagi tim pelatih jika ada gerakan yang dirasa belum tepat dan membutuhkan arahan lebih lanjut. Namun di hari ketiga, para pemain pun sudah melakukan latihan fisik melalui zoom, yang kemudian dipimpin langsung oleh pelatih fisik Gaselly Jun Panam.

“Sesi latihan fisik ini sangat berguna bagi kami para pemain yang sedang menjalani karantina, apalagi kami biasanya bergerak aktif ketika latihan maupun bertanding. Para pemain antusias untuk melakukan sesi latihan ini karena di pagi atau siang hari biasanya beberapa dari kami sibuk dengan tugas sekolah atau kuliah” ujar salah satu pemain Timnas Wanita, Sabrina Mutiara.

Pemain beserta ofisial menjalani karantina usai menjalani Kualifikasi Piala Asia Wanita 2022. Sesuai dengan regulasi pemerintah. para pemain dan ofisial pun wajib menjalani karantina selama 8 hari. Usai menyelesaikan masa karantina, para pemain dan ofisial pun akan dipulangkan ke daerah masing-masing.