Usai Internal Game, Timnas Wanita Jalani Latihan Pemulihan

Usai menjalani internal game pada Jumat (12/3/2021) malam, timnas wanita Indonesia menjalani latihan pemulihan di Lapangan D, Senayan pada Sabtu (13/3/2021) pagi. Latihan pemulihan berlangsung selama 90 menit dan dipimpin pelatih Rudy Eka Priyambada.

Laga internal game semalam, skuat Garuda Pertiwi dibagi menjadi dua tim dan bermain selama 3x30 menit. Rotasi pemain juga dilakukan saat game internal. Pada laga ini pemain yang mencetak gol seperti Zahra Muzdalifah, hatrrick Febriana Kusumaningrum. 

“Setelah internal game semalam, kami latihan pemulihan pagi ini diawali dengan conditioning ringan lalu melakukan recovery aktif dengan memberikan variasi latihan seperti bermain dodgeball dan soccer baseball. Tujuannya agar para pemain lebih cair dan rileks kembali setelah menjalani seleksi dan pemusatan latihan yang intens selama sepekan ini,” kata Rudy Eka. 

Pada sesi latihan pemulihan, para pemain dibagi menjadi dua kelompok besar yang masing-masing terdiri dari 19 pemain, dimana masing-masing kelompok diminta untuk saling bekerja sama agar bisa memenangkan mini games yang Para pemain pun terlihat mengikuti instruksi pelatih dan menikmati sesi latihan.

Febriana Kusumaningrum yang turut menjalani sesi latihan pemulihan pun merasa rileks setelah menjalani sesi latihan pada hari ini. “Latihannya tidak terlalu berat hari ini karena hanya menyangkut latihan pemulihan saja. Walaupun pelatih memberikan latihan yang bersifat fun, tapi semua materinya tetap menyangkut pressing, bertahan dan kerja sama di dalam tim,” ujar Febriana.

Selama sepekan skuat Garuda Pertiwi sudah mengikuti seleksi dan pemusatan latihan (TC) dengan menu latihan intens sejak hari pertama pada Senin (8/3) lalu. Pelatih Rudy pun akan melakukan evaluasi terkait performa para pemain yang didatangkan pada TC kali ini.

“Walaupun seleksi dan pemusatan latihan baru digelar pekan ini, namun diminggu pertama ini saya sudah memberikan materi pressure game. Semua pemain sudah terlihat memberikan kemampuan mereka secara seratus persen. Sayangnya ada beberapa pemain yang cedera dan butuh proses penyembuhan karena pada dasarnya karena cedera bawaan," tambah Rudy. 

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap para pemain timnas wanita bekerja keras, disiplin dan berlatih secara maksimal di TC ini. Ia pun mengingatkan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan ketat bagi semua pihak yang menjadi TC ini.

“Kesehatan dan kedisiplinan menjadi hal terpenting saat penyelenggaraan TC di tengah pandemi. Mari kita sama-sama disiplin, baik saat latihan maupun menerapkan protokol kesehatan untuk keselamatan kita bersama,” tambah pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.

TC Timnas wanita di Jakarta akan berlangsung hingga 31 Maret mendatang. Satu hari dalam sepekan, pelatih Rudy Eka memberikan hari libur kepada para pemain untuk beristirahat. Meski diberikan hari libur, pemain untuk tetap berada di dalam hotel dengan terus menerapkan protokol kesehatan.

Seleksi dan pemusatan latihan yang diikuti oeleh 38 pemain ini merupakan persiapan jangka panjang menuju SEA Games 2021 yang nantinya akan digelar di Vietnam.