Timnas Indonesia Akui Keunggulan Thailand

Tim Nasional Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 0-3 pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 babak kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9) malam.

Tiga gol Thailand, Supachok Sarachat mencetak dua gol pada menit ke-54’ dan 72’, dan satu lainnya dilesakkan oleh Theerathon Bunmathan dari titik penalti menit ke-63’.

Usai laga pelatih Indonesia, Simon McMenemy mengatakan bahwa permainan timnas Indonesia pada babak pertama sebenarnya sudah bagus. Babak pertama Indonesia mampu menahan imbang Thailand tanpa gol.

"Pertama kami memperlihatkan mentalitas yang bagus, percaya diri, hal itu diperlihatkan pada babak pertama. Taktik kami bikin agak defensif dan memperkuat lini tengah. Kami bermain sangat bagus pada babak pertama, kami membuat peluang," tutur McMenemy.

"Babak kedua kami kewalahan, Thailand membuat aksi individu, dan ada tiga sampai empat kesalahan individu dari pemain kami. Sangat mengecewakan, di level internasional kami tidak bisa berbuat salah. Sulit untuk diterima, karena pada awal kami sangat bagus. Kami harus move on, dan maju ke laga berikutnya," tutup dia.

Kekalahan ini merupakan kekalahan kedua Indonesia, dari dua aksi di kualifikasi. Pertama Indonesia dibungkam Malaysia di Stadion GBK, dengan skor 3-2. Babak pertama Indonesia sempat unggul 2-1, sampai akhirnya laga berujung kekacauan dan kekalahan.

Simon juga menambahkan bahwa ia tidak mau menyerah begitu saja. "Ya, tentu saja [masih layak melatih Indonesia]. Suporter selalu memiliki opini mereka sendiri, tapi tidak mewakili 250 juta masyarakat yang ada. Ini sepakbola, memang seperti ini, dan tidak mengejutkan.

McMenemy menjelaskan, bahwa Thailand memang memiliki kualitas yang baik, di atas Indonesia. Bahkan, mereka memiliki beberapa pemain yang merumput di kompetisi Jepang, dan jadi andalan.

Susunan pemain Indonesia : Andritany Ardhiyasa (PG/C), Yustinus Pae, Hansamu Yama, Yanto Basna, Ruben Sanadi, Evan Dimas, Manahati Lestusen, Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Andik Vermansyah, Alberto Gonzalves.

Susunan pemain Thailand : Siwarak Tedsungnoen (PG/C), Tristan Do, Theerathon Bunmathan, Manuel Tom Bihr, Pansa Hemviboon, Sarach Yooyen, Supachok Sarachat, Chanatip Songkrasin, Phitiwat Sookjitthammakul, Ekanit Panya, Supachai Chaided.

Berita terkait