Pekan Ketiga TC, Timnas Wanita Tingkatkan Fisik dan Stamina

Tim nasional Wanita Indonesia kembali menggelar latihan di Lapangan D, kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Selasa (23/3) pagi. Sesi latihan pada pagi hari ini berlangsung satu jam yang dimuali pukul 07.00 WIB.

Dipimpin oleh pelatih Rudy Eka Priyambada, latihan diawali dengan sesi pemanasan dimana setiap pemain melakukan gerakan secara berpasangan. Pemanasan yang dilakukan diatas matras dibagi menjadi dua sesi yakni dengan dan tanpa bola. Sesi latihan pun diselingi dengan jogging secara berkelompok, sebelum akhirnya dilanjutkan dengan passing pendek dan panjang serta pola permainan.

Rudy Eka Priyambada mengatakan saat ini sudah memasuki pekan ketiga, ia pun masih fokus pada peningkatan fisik pemain.

“Pekan ketiga seleksi dan pemusatan latihan timnas masih fokus pada peningkatan stamina, fisik dan cara bermain. Para pemain sudah beradaptasi dengan pola latihan yang diterapkan oleh tim pelatih sejauh ini dan tidak ada kendala sama sekali. Tinggal bagaimana kami menajamkan cara bermain di lapangan, yakni melalui uji coba yang secara rutin kami lakukan pada hari Rabu dan Jumat setiap pekannya,” kata Rudy Eka

Rudy menambahkan untuk menambah intensitas dan tekanan dalam permainan skuat polesannya, skuat Garuda Pertiwi dijadwalkan akan menghadapi laga persahabatan internal dengan skuat pria yang dinilai mampu bermain menekan dibanding dua tim yang sudah dihadapi.

“Sejauh ini kami sudah beruji coba secara internal dengan tim wanita. Sayangnya lawan yang dihadapi masih kurang memberikan tekanan kepada para pemain. Mereka butuh tekanan yang lebih tinggi dan kemungkinan kami akan melakukan uji coba dengan tim pria pada pekan ini,” tambahnya. 

Rudy menilai bahwa para pemainnya terus menunjukkan peningkatan secara signifikan. Bahkan target untuk meningkatkan masa tubuh setiap pemain pun sudah terpenuhi.

“Progresnya fisik para pemain semakin bagus, dimana fat sudah menurun, body mass dari masing-masing sudah meningkat. Ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari segi fisik. Pola permainan pun sudah mengikuti,”tukas Rudy. 

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap pemain dan ofisial timnas wanita terus semangat dan bekerja keras selama pemusatan latihan.

“Hingga saat ini pemusatan latihan belum ada kendala berarti, semuanya masih lancar. Variasi latihan juga diberikan tim pelatih seperti latihan yoga. Tim ini juga masih ada sejumlah agenda uji coba ke depannya. PSSI memberikan target kepada timnas wanita meraih prestasi di SEA Games 2021,” kata Iriawan.

“Alhamdulillah saya mendapat laporan dari pelatih bahwa para pemain timnas wanita mengalami peningkatan seperti fisik, disiplin, mental, stamina, taktik dan lain-lain. Performa mereka juga makin membaik seusai sebelumnya sudah menjalani internal game,” tambahnya.

Gelandang Timnas Wanita, Viny Silfianus menilai pola latihan yang dilakukan memang cukup intens. Namun demikian dirinya tetap fokus dalam menjalani seleksi yang kurang lebih akan berakhir dalam sepekan.

“Latihannya tetap berada di intensitas tinggi, sama seperti pekan sebelumnya karena kami biasanya latihan tiga kali yakni pagi, siang dan malam di terutama di awal minggu seperti Senin dan Selasa. Namun memang ada perubahan intensitas saat memasuki pertengahan minggu hingga akhir pekan. Harapan saya tentu yang terbaik untuk saya dan teman-teman semoga bisa lolos sampai akhir dan bisa bawa nama baik Indonesia,” kata Viny.

Pada pekan ketiga ini pelatih Rudy Eka rencananya akan kembali mendatangkan beberapa pemain untuk mengikuti seleksi, dengan terus memberlakukan sistem keluar masuk hingga berakhirnya TC pada 31 Maret nanti.

Pemusatan latihan ini menjadi bagian dari berbagai persiapan timnas wanita dalam menghadapi berbagai event internasional yang akan digelar sepanjang 2021, termasuk diantaranya ajang SEA Games 2021 di Vietnam.