Kerja Keras Jadi Kunci Sukses Timnas Wanita Lolos ke Piala Asia 2022

Timnas Wanita Indonesia sukses mengukir sejarah pada keikutsertaannya di babak kualifikasi Piala Asia Wanita 2022 yang berlangsung di Tajikistan. Skuat Garuda Pertiwi berhasil lolos ke gelaran Piala Asia Wanita untuk pertama kalinya, setelag terakhir pernah tampil 33 tahun silam.

Zahra Muzdalifah dan kawan-kawan berhasil memuncaki grup C, usai mengalahkan Singapura pada pertandingan yang berlangsung dalam format dua leg, yakni pada 24 dan 27 September 2021 di Stadion Republican Central, Dushanbe, Tajikistan. Dua gol bersarang ke gawang Singapura, masing-masing satu gol pada pertama yang dicetak oleh Baiq Amiatun dan satu gol tambahan di leg kedua yang dicetak oleh Octavianti Dwi Nurmalita.



“Alhamdulillah kita berhasil masuk Piala Asia Wanita setelah lebih dari 30 tahun kita absen. Semua yang didapatkan berkat kerja keras para pemain dan staff pelatih yang saling mendukung satu sama lain. Para pemain benar-benar mengikuti instruksi pelatih saat latihan dan diterapkan saat pertandingan. Tapi kita jangan berpuas diri karena di Piala Asia Wanita nanti, tim-tim sepak bola wanita top Asia akan berkompetisi secara ketat di sana,” ujar pelatih kepala Rudy Eka Priyambada.

Pada penampilan Timnas Wanita di leg kedua Senin (27/9) malam, skuad Garuda Pertiwi masih menggunakan formasi 4-3-3, dimana pelatih Rudy Eka hanya mengubah sedikit komposisi pemain di sayap kiri dan kanan serta gelandang, dengan memasukan dua pemain baru di leg kedua yakni Rani Mulyasari dan Octavianti Dwi Nurmalita. Strategi ini pun terbukti efektif, setelah Octavianti akhirnya sukses menjebol gawang Singapura melalui sepakan kaki kidalnya pada menit ke-31.

“Untuk permainan tim saya rasa kami tampil lebih baik dibanding saat menghadapi leg kedua melawan Singapura, meski tidak bisa dipungkiri juga Singapura bermain menekan hari ini dan tampil berbeda dengan penampilan mereka sebelumnya. Alhamdulillah kita diberikan kemenangan lagi di leg kedua dan lolos ke Piala Asia Wanita di India,” ujar Octa.



Dengan berakhirnya laga leg kedua antara Indonesia dan Singapura, maka berakhir pula laga kualifikasi grup C Piala Asia Wanita di Tajikistan. Indonesia menjadi negara kelima yang memastikan keikutsertaan pada Piala Asia Wanita wakil dari grup C, setelah empat tempat lain sudah diamankan Korea Selatan, Filipina, Iran dan Thailand, masing-masing dari grup E, F, G dan H. Masih ada tiga tempat tersisa dari kualifikasi di grup A, B dan D, untuk melengkapi 12 kuota untuk tampil di Piala Asia Wanita 2022 di India, selain India, Jepang, Australia dan China PR yang sudah dipastikan tampil tahun depan.

Timnas Wanita Indonesia akan bertolak ke Indonesia pada Rabu (29/9) pada pukul 04.25 pagi waktu Tajikistan, dan akan transit di Dubai, UEA selama kurang lebih 3 jam. Skuat Garuda Pertiwi akan kembali melanjutkan perjalanan dan tiba di Indonesia pada Rabu(29/9) malam.