Apresiasi Perjuangan Garuda Pertiwi

Tim U-18 Wanita Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand pada gelaran AFF U-18 Women’s Championship 2022 yang digelar di Palembang pada Kamis, 28 Juli 2022. Pada laga ini, hadir Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi, Wakil Sekretaris Jenderal PSSI Maaike Ira Puspita, dan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri yang turut mendukung perjuangan Pertiwi Berani langsung Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

Tiga skor tanpa balas menjadi milik Thailand pada laga ini, sehingga perjuangan Garuda Pertiwi harus pupus pada fase grup A Piala AFF U-18 2022. Rudy Eka Priyambada selaku Pelatih Kepala Tim U-18 Wanita Indonesia memohon maaf dengan hasil tersebut. Ia menyatakan apresiasi terhadap perjuangan Garuda Pertiwi dan bagaimanapun perjuangan ini merupakan proses yang perlu dijalani agar sepak bola wanita Indonesia bisa menjadi lebih baik kedepannya.

“Saya ucapkan mohon maaf kami harus berhenti di fase grup ini. Bagaimanapun kita masih berproses dalam membangun sepak bola wanita. Saya apresiasi di babak kedua pemain lebih baik dari babak pertama. Tadi babak pertama panasnya agak telat, para pemain terlalu banyak menonton bola, pressingnya kurang berani, tapi kalau kita lihat memang kualitas Thailand cukup baik, kerja sama antar lininya dan passing-passingnya cukup baik jadi pemain kita agak lambat untuk mengantisipasi. Tapi bagaimanapun ini proses yang perlu kita jalani untuk ke depannya sepak bola wanita Indonesia bisa lebih baik.” ujar Rudy Eka.

Nastasia Suci selaku kapten Tim U-18 Wanita Indonesia juga menyatakan terima kasih kepada seluruh pendukung Garuda Pertiwi. Ia juga menambahkan maaf belum memberikan hasil yang terbaik pada kompetisi ini.

“Terima kasih buat semuanya, maaf belum bisa kasih yang terbaik.” Ucap Nastasia.