Garuda Muda Tidak Gentar Hadapi Vietnam di Kandang Lawan

Pelatih Shin Tae-yong memantapkan strategi Tim U-23 Indonesia pada latihan terakhir di lapangan Tam Nong, Phu Tho, Kamis (5/5).

Hal ini sebagai persiapan melawan Vietnam pada laga perdana grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (6/5) besok.

Meski begitu saat menjalani latihan Garuda Muda menghadapi kendala. Ya, kualitas lapangan dan rumput Tam Nong sangat jelek sekali.

"Setelah latihan terakhir ini kondisi pemain sangat baik, namun kembali kita ada kendala di lapangan saat berlatih. Dua kali kita latihan di tempat yang berbeda, kualitasnya tidak bagus semua. Tentu ini menjadi kendala untuk pemain Indonesia saat latihan," kata Shin Tae-yong.

Ya, sebelum berlatih di Lapangan Tam Nong, kemarin Indonesia berlatih di lapangan Bai Bang, Phu Tho.

"Selama 30 tahun saya bermain sepak bola dan dari kecil ikut banyak turnamen lokal maupun internasional, ini baru pertama kalinya saya mendapatkan kualitas lapangan dibawah lapangan untuk anak sekolah dasar (SD) jelang pertandingan resmi," tambahnya.

Pada kesempatan ini, Tim U-23 Indonesia jelang melawan Vietnam tidak mendapatkan ofisial training dari panitia di Stadion tempat bertanding yakni Stadion Viet Tri. Oleh karena itu latihan pada satu hari sebelum bertanding, Indonesia mendapatkan jatah lapangan Tam Nong.

"Tidak tahu apakah ini sengaja atau tidak hal ini diberikan kepada tim Indonesia. Dan kami bingung mendapatkan hal seperti ini, sangat bermasalah dan kami sangat kecewa," jelas Shin Tae-yong.

Selain soal kualitas lapangan dan rumput yang jelek. Lampu penerangan lapangan Tam Nong dan adanya suara serangga sangat mengganggu latihan Garuda Muda. Hal ini karena latihan digelar jelang petang hingga malam hari.

"Kami tidak gentar bermain melawan Vietnam dihadapan pendukungnya sendiri yang akan memenuhi stadion besok. Semoga besok pertandingan berjalan menarik, kami mampu meraih poin penuh dan wasit adil dalam memberi keputusan," tukas pelatih asal Korea Selatan tersebut.