Tim U-19 Indonesia di Posisi Sepuluh Turnamen Toulon Cup 2022

Tim U-19 Indonesia harus puas berada di posisi sepuluh gelaran turnamen Toulon Cup 2022, Aljazair sendiri berada di posisi kesembilan. Laga antara keduanya pun harus berakhir dengan drama adu penalti, dimana tim lawan menang dengan skor 3-4, setelah dalam waktu normal keduanya bermain imbang 1-1 di Stadion Arles, Perancis, Rabu (8/6).

Indonesia sempat mengejutkan lawan dengan gol pembuka dari Ahmad Rusadi di menit ke-87’. Aljazair harus kehilangan pemainnya yang bernama Nechat di menit ke-75, setelah mendapat kartu kuning kedua dan dikeluarkan. Setelah itu, sayangnya tim U-19 Indonesia harus kebobolan satu gol dari pemainnya yang bernama Guermouche pada menit ke-90+4. Sehingga kedudukan berakhir 1-1.

Menurut pelatih tim, Dženan Radončić laga ini berjalan bagus, “Kami mengontrol pertandingan di babak pertama dan kedua, terutama saat lawan terkena kartu merah, saya prihatin soal itu. Namun sekali lagi, pertandingan yang menarik menurut saya,” katanya.

Dirinya juga merasa senang dengan penampilan dan performa anak-anak asuhnya. “Kami mendapatkan motivasi, kami tetap bermain agresif, tetap bermain kompak selama laga. Yang kurang berkenan di saya adalah bagaimana kita merespon setelah kami mencetak gol, jadi disana kami harus lebih bekerja keras lagi,” tuturnya.

“Karena anak-anak sempat panik saat menjaga lini belakang, padahal sebelumnya kami bermain baik, kami mampu mencetak gol, namun kami kebobolan di akhir-akhir laga. Jadi kami harus lebih bekerja keras lagi. Di luar itu, saya sangat puas dengan penampilan tim saya di sepanjang turnamen ini,” lanjutnya.

“Ada banyak sisi positif di turnamen ini, melawan tim-tim hebat dengan pemain-pemainnya yang bagus-bagus, bagi kami ini adalah kesempatan yang bagus, disini kami bisa memainkan sepak bola yang benar melawan mereka.”

Sementara itu, menurut salah satu pemain, Hokky Caraka, pertandingan yang dilakoninya sangat seru, “Apalagi kita bisa mencetak satu gol, tapi kita sudah berusaha maksimal, sampai adu penalti. Saya berharap tahun berikutnya kami bisa juara,” ungkapnya.

Tim U-19 Indonesia usai ini akan lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi gelaran Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Apalagi Indonesia menjadi tuan rumah ajang bergengsi tersebut.