TC Timnas U-18 Tahap Ketiga Berakhir

Tim nasional Indonesia U-18 telah mengakhiri pemusatan latihan (TC) tahap ketiga pada Jumat (17/9). TC dipimpin langsung oleh pelatih, Shin Tae-yong dan berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

TC tahap ketiga ini merupakan lanjutan dari dua tahap sebelumnya, namun dengan 36 pemain berbeda dari tahap-tahap sebelumnya. Tahap pertama telah berlangsung dari tanggal 29 Agustus hingga 3 September 2021 dengan 36 pemain, kemudian berlanjut ke tahap kedua yang berlangsung dari tanggal 6 sampai 10 September 2021, juga dengan 36 pemain yang dipanggil.

Untuk tahap ketiga ini, masih dengan 36 pemain, namun dengan pemain yang berbeda dan sudah dimulai dari tanggal 13 September hingga berakhir hari ini, Jumat 17 September 2021.

“Alhamdulillah kami telah menyelesaikan TC Timnas U-18 tahap pertama, kedua dan ketiga dengan baik. TC berjalan dengan lancar dan protokol kesehatan yang ketat. Saya berharap, Shin Tae-yong dan tim pelatih bisa menemukan pemain-pemain terbaik dari tiga tahap TC tersebut,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Sementara itu, menurut Shin Tae-yong ia banyak melihat kemampuan para pemain pada pertandingan internal yang digelar selama TC berlangsung.

“TC tahap ketiga ini, saya belum terpuaskan dengan para pemain yang ada. Kami akan kembali mencari bakat-bakat lain dari para pemain sepak bola muda di Indonesia, kemungkinan nanti akan ada tahap keempat, saya akan mencari waktu tepatnya,” kata Shin Tae-yong.

Terakhir, pelatih asal Korea Selatan itu berpesan kepada bakat muda pesepak bola Indonesia. “Dari kami memang akan cek kemampuan pemain seperti apa, jadi sebenarnya tidak ada yang dibicarakan, mereka lah yang harus bisa menunjukkan kemampuannya dalam TC dan berusaha sekuat tenaga untuk bisa terpilih masuk tim saya,” tutupnya.

Para pemain di TC tahap ketiga, setelah ini dipulangkan kembali ke asalnya masing-masing. Shin Tae-yong akan mencari waktu untuk mengadakan pemusatan latihan lanjutan. PSSI juga berencana akan mengadakan kompetisi Elite Pro Academy, dimana pada perhelatan itu nanti, Shin Tae-yong bisa mencari pemain berbakat lainnya untuk mengisi tim nasional Indonesia yang akan bersiap main di Piala Dunia U-20 tahun 2023.