Seleksi Timnas U-16 Memasuki Sesi Ketiga di Hari Keenam

Seleksi untuk pembentukan Tim Nasional Indonesia U-16, terus berlanjut. Memasuki hari keenam, dari pertama mereka memulai seleksi di hari Kamis (22/4/2021), hingga kini, hari Selasa (27/4/2021). Arsitek tim, Bima Sakti menjelaskan runtunan kegiatan yang dilakukan olehnya bersama tim pelatih.

“Hari ini masuk sesi ketiga, besok memasuki sesi keempat dua hari sampai hari Kamis. Kemudian hari Jumat itu terakhir, sesi kelima, sampai hari Sabtu. Jadi semua pemain dari 34 Asprov kita beri kesempatan lima sesi. Satu sesi, dua hari. Materi yang diberikan sama semua,” buka Bima Sakti, Selasa (27/4/2021).

Sebelumnya, Bima menjelaskan mengenai dua sesi yang sudah dijalankan oleh timnya. “Di hari pertama mereka kumpul, kita sengaja ambil malam hari, karena kita mengantisipasi kedatangan pemain dari daerah. Ada juga dari Ambon, kemudian dari Sulawesi Utara, Makassar, Manado, jadi latihan kita malam,” kata Bima.

“Kemudian hari kedua, mereka latihan seleksinya, sore. Dan kita juga Alhamdulillah saat ini juga sudah mendapatkan list pemain dari Asprov Papua. Nanti kita akan koordinasi dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Plt. Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, untuk seleksi di tahap berikutnya sehabis lebaran.”

Bima menjelaskan, bahwa di seleksi ini, dirinya tidak hanya memanggil pemain, namun langsung memulangkan beberapa pemain.

“Setiap dua hari kita ada pemulangan pemain, kita sudah list semuanya, nanti kita rekap, kemudian kita akan lapor ke PSSI untuk disambut TC di bulan Mei, jadi sejauh ini sudah ada kerangka tim, sudah banyak, ya,” jelas Bima.

Tak lupa, mantan legenda hidup Tim Nasional Indonesia era 90-an itu juga berterima kasih kepada semua pihak, sehingga dia bisa melihat, memantau dan menyeleksi pemain di bulan April ini.

“Saya juga tak lupa untuk berterima kasih kepada Asprov, terutama pelatih-pelatih mereka di SSB dan akademi, mereka berjasa untuk pemain-pemain ini, sehingga kami tim pelatih, dan siapapun pelatih timnas U-16 untuk level akar rumput, tidak kesulitan mencari pemain berkualitas yang siap untuk masuk timnas ini,” ucap Bima.

Di lain pihak, PSSI melalui Ketua Umum, Mochamad Iriawan terus memantau, mendukung penuh dan memberikan semangat untuk timnas U-16.

“Setiap hari, saya mendapat laporan dari Direktur Teknik Indra Sjafri, atau secara langsung dari pelatih timnas U-16, Bima Sakti mengenai perkembangan dari seleksi tim. Turnamen Piala AFF U-15 akan berlangsung di Indonesia, sebagai tuan rumah dan persiapan saya meminta pelatih Timnas U-16 untuk membentuk tim yang tangguh dan solid. Sejauh ini seleksi berjalan dengan baik, dan mulai ada pemain-pemainnya, menurut laporan dari tim pelatih,” buka Iriawan.

“Saya harap, timnas terbaik untuk usia ini bisa segera terbentuk,” tegasnya.

Seleksi pemain Timnas U-16, disiapkan untuk menghadapi Piala AFF U-15 yang rencananya akan terlaksana tahun ini, dimana Indonesia ditunjuk oleh AFF sebagai tuan rumahnya.