Rahasia Dibalik Suksesnya Timnas U16

Pelatih kepala tim nasional Indonesia U-16 membeberkan sedikit rahasia dibalik kesuksesan tim yang dia asuh selama ini saat kembali ke tanah air, Rabu (3/10).

Seperti sudah diketahui bahwa tim ini telah mempersembahkan beberapa gelar dan piala. Diantaranya adalah Piala Tien Phong, Piala Jenesys, Piala AFF U-16 dan gelar delapan besar tim terbaik dalam Piala AFC U-16 karena masuk dalam putaran delapan besar di turnamen itu.

"Tim ini terbentuk dari dari kemauan kuat, kerja keras dan kerja sama dari masing-masing pemain, staf pelatih dan ofisial yang saling memiliki ikatan seperti layaknya keluarga. Saya bisa menjadi sosok bapak bagi mereka. Bu Asti (psikolog) bisa menjadi figur ibu. Staf pelatih lain bisa menjadi paman, kakak. Dan pak Kartadji (masseur) bisa menjadi kakeknya para pemain," beber Fakhri.

"Sulit untuk anak-anak seumuran mereka berjuang di sepak bola dan jauh dari keluarga. Makanya kami disini bisa berperan layaknya bagian keluarga bagi mereka," sambungnya.

Dikatakan juga oleh pelatih berdarah Aceh ini bahwa tim ini terbentuk dengan penerapan disiplin yang tinggi. "Mereka pun tak pernah mengeluh sampai akhir dan menjalankan instruksi dengan baik. Staf pelatih juga solid," tandasnya.

Selain sepak bola, Fakhri dan ofisial juga mengajarkan hal-hal lain. "Kedisiplinan dalam menggunakan telepon genggam di waktu yang tepat, jam istirahat, jadwal piket, makanan dan yang terpenting adalah ibadah. Mereka harus paham tentang ibadah. Saya ingin mereka juga nantinya bisa tumbuh sebagai pemain hebat dengan akhlak yang baik," jelasnya.