Kriteria Pemain Timnas U-16 di Seleksi Bulan April

Pelatih Tim Nasional Indonesia U-16, Bima Sakti mengutarakan kriteria yang dicarinya dalam seleksi pemain di Lapangan D, komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta dari tanggal 22 April hingga 1 Mei 2021.

“Yang kita cari pertama adalah postur tubuh ideal di posisi kiper, dua bek tengah, gelandang, striker, itu posisi-posisi yang membutuhkan standarisasi untuk masalah tinggi badan,” buka Bima Jumat (30/4/2021).

“Jadi untuk posisi sayap kanan kiri kemudian full back kanan kiri kita bisa mencari pemain yang tingginya dibawah 170 cm, tapi untuk posisi selain itu, harus diatas 170 cm,” lanjutnya.

Selain itu juga, Bima melihat aspek lainnya. “Kita melihat mental mereka, kemudian hubungan kerja sama antar pemain, walaupun mereka belum banyak yang saling kenal, tapi dari sesi pertama hingga ketiga, mereka bagus-bagus semua. Baru bergabung, tapi sudah kelihatan cara mainnya. Kemudian visi main bolanya, sehingga kita tim pelatih sangat mudah membentuk mereka,” jelasnya.

Meski begitu, mantan pemain timnas Indonesia era tahun 90-an itu mengatakan para pemain yang diseleksi itu ada naik turunnya di performa. Karena memang, setiap dua hari yang berbeda, pemainnya juga ikut berbeda.

“Progres pemain naik turun, sesi pertama bagus, sesi kedua agak menurun, sesi ketiga bagus-bagus dan sesi keempat agak lumayan, ya kita berharap semoga di sesi kelima, pemainnya bisa lebih siap secara mental kemudian bisa menunjukkan performa terbaiknya,” harap Bima.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dalam kesempatan yang berbeda mengatakan, dirinya tertarik dengan para pemain, saat melihat kegiatan seleksi Timnas U-16.

“Saya melihat ada beberapa pemain yang bagus, tingginya ada yang mencapai 179 cm, umurnya 14 tahun, kalau mereka empat tahun lagi kemungkinan bisa tambah 16 cm lagi, berarti 195 cm, top itu,” kata Iriawan.

“Kita melihat memang sepak bola sekarang berbeda, mereka sudah kelihatan lebih maju dan lebih baik, secara fisik banyak yang cukup tinggi-tinggi, ada yang 174 hingga 179 cm. Memang pembinaan makin hari makin baik,” lanjutnya.

“Kita akan seleksi, ini baru yang keempat, besok kelima, kita saring dan kita akan kasih ke coach. Siapapun yang akan diambil, itu saya tidak ikut campur. Bahkan tadi saya sampaikan, tidak ada pemain titipan. Bukan berarti tidak ada titipan, saya sampaikan ke pelatih tidak ada siapun, termasuk saya.”

“Saya minta pelatih juga memilih sesuai dengan hati nurani dan penampilan pemain.”

Setelah ini, memang Bima dan tim pelatihnya akan melanjutkan ke pemusatan latihan di bulan Mei, tentunya setelah ldul Fitri. Seleksi pemain Timnas U-16, disiapkan untuk menghadapi Piala AFF U-15 yang rencananya akan terlaksana tahun ini, dimana Indonesia ditunjuk oleh AFF sebagai tuan rumahnya.