Evaluasi Tim di Minggu Kedua TC Timnas U-16

Tim Nasional Indonesia U-16 terus mengasah kemampuan mereka di pemusatan latihan bulan Agustus 2020 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Materi yang diberikan oleh pelatih kepala tim, Bima Sakti Tukiman, semakin ditingkatkan, terutama fisik.

"Pada latihan kali ini, kami banyak pengulangan kembali tentang filosofi permainan kami, terutama fisik kami lebih tingkatkan, dan termasuk didalamnya materi filosofi sepak bola Indonesia (filanesia). Kami juga selalu melaporkan perkembangan tim serta mengikuti instruksi dan arahan dari Ketum PSSI (Mochamad Iriawan)," kata Bima Sakti. 

Selain itu juga, dengan melihat perkembangan pemain-pemainnya, Bima pun menyeleksi beberapa pemain yang dirasa kurang mampu untuk bersaing di timnya.

“Setelah seminggu mengadakan pemusatan latihan di bulan Agustus ini, saya juga menyeleksi beberapa pemain, dan saya sudah seleksi enam orang, dengan melihat perkembangan mereka selama satu minggu. Rata-rata dari mereka adalah para pemain baru yang terpanggil untuk pemusatan latihan bulan ini,” tambah Bima.

“Menurut penilaian kami dari tim pelatih, bahwa keenamnya kurang cukup bisa bersaing dengan pemain lainnya. Kemudian, juga adaptasi mereka agak lambat, kurang bisa membuat hubungan baik dengan yang lainnya baik di dalam maupun di luar lapangan, jadi kita harus pulangkan mereka.”

Meski begitu, Bima masih mencari beberapa pemain untuk mengisi pos berdasarkan kebutuhan timnya.

“Kami juga masih mencari alternatif pemain lainnya, semoga nanti mereka yang ikut ke pemusatan latihan ini, bisa lebih cepat beradaptasi dan bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dari tim. Seperti contohnya di posisi sayap dan gelandang serang. Saya berharap kami bisa menemukan pemain yang terbaik,” tutur Bima.

“Tim baru kedatangan satu orang kiper baru, akan saya coba lihat dahulu kemampuannya dimana, karena di posisi ini kami juga memerlukan pemain tambahan,” sambungnya.

Pasukan Bima Sakti, yang biasanya selalu mengadakan pertandingan uji coba di hari Jumat, untuk kali ini jadwal mereka sedikit berubah. “Untuk pertandingan uji coba di minggu kedua, kami sengaja mengadakannya di hari Senin, 24 Agustus 2020, InsyaAllah melawan tim dari Asosiasi Kota Bandung. Diadakan Senin, karena untuk memberikan waktu istirahat yang cukup bagi para pemain,” tutupnya.

Timnas ini dipersiapkan untuk menghadapi Piala AFC U-16  pada 25 November hingga 12 Desember 2020. Alexandro Felix Kamuru dan kawan-kawan berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Cina.

Empat tim semi final Piala AFC U-16 2020 akan lolos ke Piala Dunia U-17 2021 mendatang di Peru. Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi dua tahunan tersebut.