Bima Berharap Uji Coba Internasional

Dari pemusatan latihan dan seleksi tahap pertama Tim Nasional U-16 yang sudah berlangsung dari tanggal 13 hingga 26 Mei 2019, pelatih kepala Bima Sakti sudah menjalani rangkaian internal game dan uji coba lokal. Namun, dia berharap pada pemusatan latihan tahap kedua nanti ada laga uji coba Internasional.

Kegiatan yang telah berlangsung hampir dua minggu tersebut, membuat Bima Sakti menemukan 28 pemain hasil seleksinya. Dirinya pun merasa timnya perlu melawan tim dari luar Indonesia dalam uji coba internasional.

Mengenai kebutuhan tersebut, jika tidak bisa bermain di luar negeri, mendatangkan tim dari luar untuk menjalani laga uji coba di Indonesia juga tidak masalah. Yang terpenting, kata Bima, pemain punya pengalaman internasional sebelum terjun di turnamen sesungguhnya.

“Ya, pastinya kami berharap ada uji coba internasional. Sehingga para pemain setidaknya sudah memiliki pengalaman bermain dengan tim dari luar Indonesia,” kata Bima.

Di sisi lain, Bima mengaku sudah memiliki kerangka tim. Nantinya dia ingin di setiap posisi di isi dua sampai tiga pemain dengan kualitas dan kemampuan yang setara.

Salah satu kekuatan penting tim ini, adalah kecepatan. Kemampuan itu nantinya akan menjadi senjata utama dari karakter permainan yang tengah dibangun Bima. Dia mencontohkan, skuat yang ada saat ini memiliki banyak pemain lincah dan kecepatan tapi juga punya skill individu yang mumpuni.

“Ya kecepatan menjadi kunci utama tim ini. Karena itu kelebihan dari pemain-pemain Indonesia. Di sini saya juga memiliki sayap-sayap seperti Rui, Alexandro mereka punya kecepatan di sayap. Jadi kami main di tengah hanya sebagai poros, untuk main ke luar (sayap),” kata Bima.

Kelebihan itu bisa menjadi andalan pasukan Bima Sakti di Tim Nasional U-16 yang disiapkan untuk menghadapi ajang Piala AFF U-15 2019, Indonesia berada di grup A bersama dengan Myanmar, Vietnam, Timor-Leste, Singapura, dan Filipina. Event ini akan berlangsung di kota Chonburi, Thailand.

Selain berlaga di Piala AFF U-15 2019, Timnas U-16 juga akan bermain di Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di bulan September mendatang. Indonesia menjadi tuan rumah di ajan ini dan berada di grup G bersama China, Brunei Darussalam, Filipina, dan Kepulauan Mariana Utara.

Berita terkait