Talenta Pemain Timnas U-16 Semakin Terasah

Pelatih Tim Nasional Indonesia U-16, Bima Sakti mengatakan banyak talenta bagus sudah terasah dalam pemusatan latihan, sekaligus seleksi pemain yang sudah berlangsung dari tanggal 13 Mei 2019 itu. Saat ini, 28 pemain terus meningkatkan kemampuan sepak bolanya dalam asuhan Bima, di Sawangan.

Sebelumnya, Bima telah mengumumkan 13 pemain dari 41 pemain untuk dipulangkan dalam seleksi tahap pertama. Menurutnya, pemain yang tersisih itu bukan karena mereka tidak layak untuk bersaing. Melainkan, karena kebutuhan tim.

“Banyak talenta bagus sudah terasah dalam proses seleksi dan pemusatan latihan ini. Saya melihat, anak-anak sudah terbiasa bersaing di kompetisi. Mereka semua saling menunjukkan kemampuannya untuk menjadi yang terbaik, agar terpilih masuk tim ini. Itu yang membuat saya sedikit berpikir lebih, dalam memulangkan pemain. Bukan berarti saya tidak tahu siapa yang akan saya pertahankan dan pulangkan,” jelas Bima, Rabu (22/5).

“Artinya, ada perbedaan antara pemain A dan B di satu posisi itu sangat ketat, karena mereka terbiasa dengan bersaing di kompetisi. Dan saya pikir karena ini kebutuhan tim sebagian pemain harus pulang,” lanjutnya.

Pernyataan Bima diperkuat oleh asisten pelatih, Indriyanto Nugroho. “Banyak pertimbangannya dalam mengerucutkan pemain, karena kami mencari yang terbaik dari yang terbaik. Kami tidak mau nantinya salah pilih,” katanya.

Dalam menyeleksi pemain, tim pelatih punya rumus IGT (Individual, Grup, Tim). Maksudnya, pemain tersebut harus memiliki individual yang mumpuni, kompak di dalam grup baik di luar dan dalam lapangan, serta mampu bermain secara tim.

“Kami juga harus menilai ke depan, tidak hanya melihat kualitas individu, tapi juga attitude, teknik, skill, dan mental. Baru nanti penilaian lebih detail mengenai pemahaman mereka terkait Filosofi Sepak Bola Indonesia,” kata Indriyanto.

Terakhir, Bima menilai, progres yang diperlihatkan para pemain juga sangat bagus. Dengan kata lain, pemain sudah semakin mengerti bagaimana yang diinginkan pelatih dan fisik pemain semakin meningkat. Bima mengaku dengan tersisa 28 pemain, dirinya akan bisa lebih fokus dalam membentuk skuat yang tangguh.

“Sampai dengan Sabtu (25/5), tidak akan ada pencoretan, kami tetap fokus di pekan kedua ini dengan pemain yang ada,” tutupnya.

Berita terkait