Adaptasi di TC Perdana Timnas U-16

Sebanyak 41 pemain sudah berkumpul untuk melakukan pemusatan latihan sekaligus seleksi untuk Tim Nasional Indonesia U-16. Dibawah pelatih kepala tim, Bima Sakti, mereka semua berlatih di Lapangan Latihan Tim Nasional PSSI, Sawangan, Senin (13/5).

Berbagai macam menu latihan diberikan oleh Bima Sakti beserta jajaran staf pelatih dalam pemusatan latihan yang akan berlangsung hingga tanggal 26 Mei 2019 tersebut. Salah satunya adalah latihan penguasaan bola, passing, dan lainnya.

Dalam pemusatan latihan tim nasional U-16 ini, Bima dibantu oleh dua asisten pelatih, Indriyanto Nugroho dan Firmansyah dan pelatih fisik, Gilang.

“Ini latihan perdana kami, hari ini anak-anak melakukan latihan adaptasi terhadap apa yang saya dan staf pelatih berikan selama pemusatan latihan dan seleksi tim. Selain itu, kami melakukan latihan rondo, small sided game,” buka Bima Sakti usai latihan.

"Mereka adalah yang terbaik dari yang terbaik. Mereka telah kita pantau sejak festival Filanesia hingga berjalannya kompetisi Liga 1 U-16 musim ini. Saya senang melihat antusiasme anak-anak. Semoga suasana ini bisa terus terjaga sampai seleksi berakhir," tambahnya. 

Mengenai kemampuan mereka, Bima mengatakan, “Mereka ini masih adaptasi, jadi masih belum terlihat. Tapi saya yakin, mereka mampunyai kemampuan. Karena ini juga seleksi, pasti mereka akan mengeluarkan semua kemampuannya supaya bisa masuk tim ini.”

Bima menambahkan, selama kegiatan di bulan Ramadhan, dia sudah membuat jadwal yang tepat bagi timnya. “Kami mengurangi porsi latihan. Latihan kami lakukan setiap sore hari. Untuk hari Jumat malam, kami akan melakukan internal game. Esoknya akan ada pengurangan pemain. Di hari Sabtu tanggal 25 Mei 2019 kami akan ada uji coba,” jelasnya.

Akhirnya, dalam seleksi ini, Bima Sakti mencari pemain yang sesuai dengan apa yang diinginkan. “Saya mencari pemain yang memiliki visi dan teknik bagus. Selain itu mereka harus punya sikap yang baik. Saya berharap bisa mendapatkan pemain yang sesuai dengan apa yang saya inginkan dalam kegiatan ini,” tutupnya.

Seleksi ini sebagai persiapan menghadapi Piala AFF U-15 2019 yang akan bergulir 27 Juli hingga 9 Agustus di Thailand. Selain itu, Timnas U-16 juga akan bermain di Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di bulan September mendatang.

Indonesia menjadi tuan rumah di ajan ini dan berada di grup G bersama China, Brunei Darussalam, Filipina, dan Kepulauan Mariana Utara.

Berita terkait