Timnas Indonesia Jalani Swab Test

Hampir seluruh pemain dan ofisial Tim Nasional Indonesia Senior dan U-19 menjalani swab test pada Jumat (24/7/2020) siang. Tes usap ini dilakukan oleh petugas medis dari RS Royal Progress, Jakarta yang telah bekerja sama dengan PSSI di Hotel Fairmont, Jakarta tempat menginap timnas Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan swab test merupakan bagian dari protokol kesehatan untuk memastikan seluruh anggota Timnas Indonesia dari Covid-19. Sebelumnya seluruh pemain dan ofisial juga telah melaksanakan rapid test.

"Alhamdulillah hari ini Timnas Indonesia sudah melakukan swab test. Insya Allah dengan mengikuti protokol kesehatan, semua kegiatan tim berjalan lancar dan tidak ada kendala. Karena direncanakan besok akan memulai latihan," kata Mochamad Iriawan.

Sementara itu, dokter Timnas Indonesia menambahkan meski para pemain dan ofisial Timnas Indonesia harus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Apalagi saat ini Indonesia masih dalam pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah atas arahan Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) hari ini seluruh pemain dan ofisial dapat melakukan swab test. PSSI melakukan hal ini sebagai bagian dari protokol kesehatan yang dilakukan saat pemusatan latihan (TC)," kata dokter Timnas Indonesia, Ahmad Nizar.

Salah satu pemain Timnas U-19, Ernando Ari Sutaryadi mengatakan bahwa swab test yang dilakukan PSSI merupakan hal yang baik terutama saat sedang menjalani TC sekarang ini. Bagi dia, kesehatan adalah hal utama dan penting.

"Bersyukur dan terima kasih PSSI dapat memfasilitasi kami untuk swab test dan kemarin dilakukan rapid test. Kita melakukan tes untuk memastikan kondisi kita benar-benar fit dan negatif dari virus. Dengan begitu kita bisa merasa makin nyaman dan aman untuk menjalani kegiatan latihan,” kata Ernando Ari.

Bagi timnas Indonesia, TC ini sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tiga laga tersebut yakni melawan tuan rumah Thailand (8/10/2020), menjamu Uni Emirat Arab (13/10/2020), dan tandang ke Vietnam (12/11/2020). Selain itu untuk menghadapi Piala AFF pada bulan November-Desember mendatang. Timnas Indonesia terakhir melakukan TC pada bulan Februari lalu di Jakarta.

Sedangkan timnas U-19 digembleng di TC ini untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Garuda Muda berada di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. Dan tahun 2021, skuat Garuda Muda ini akan tampil di Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

Selama pandemi Covid-19, Timnas U-19 melakukan TC secara virtual sejak Mei hingga Juli ini. TC di lapangan terakhir dilakukan di Chiang Mai, Thailand pada bulan Januari lalu.

Timnas Indonesia Senior dan U-19 menjalani TC di Jakarta dari tanggal 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang. TC kali ini diikuti oleh 29 pemain senior, 46 pemain U-19. Anak asuh Shin Tae-yong ini direncanakan melakukan latihan perdana di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Sabtu (25/7/2020) besok.