Simon McMenemy Pimpin Latihan Perdana Timnas Indonesia

Tim Nasional Indonesia memulai latihan perdana di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (7/3) pagi. Skuat Garuda yang dikomandoi pelatih Simon McMenemy melakukan persiapan jelang menghadapi Myanmar pada laga uji coba internasional (FIFA Match Day) yang akan berlangsung 25 Maret mendatang.

Pada pertemuan pertamanya dengan pemain sebagai pelatih anyar Timnas Indonesia, Simon McMenemy mengaku hanya pengenalkan dirinya dan tim, strategi, dan konsep bermain.

McMenemy juga tak ragu menyanjung pemain Indonesia memiliki kualitas tinggi. Dirinya memang sangat antusias sejak hari pertama dipercaya menangani skuat Garuda, dan punya keyakinan positif.

"Latihan hari ini hanya sekadar perkenalan dari saya dan tim pelatih kepada pemain, hal apa yang ingin kami lihat dari mereka. Ada banyak membahas soal taktik, ide bagaimana cara kami bermain, dan membuat pemain paham konsep dari permainan yang kami inginkan," kata Simon McMenemy.

"Penting untuk pemain memahami hal tersebut. Itu dilakukan sebelum kami masuk ke ranah formasi dan hal lainnya. Saya sangat senang dengan bagaimana latihan hari ini berlangsung. Pemain beradaptasi dengan cepat dan punya motivasi yang bagus," ujar pelatih asal Skotlandia itu.

Mantan pelatih Timnas Filipina dan Saya ini menambahkan bahwa banyak pemain dengan kualitas tinggi di skuatnya, baik itu senior atau pun pemain muda. Ia pun akan memadukan keduanya agar Timnas mempunya skuat yang kuat dan kompetitif.

"Ketika di lapangan pengalaman menjadi penting, makanya butuh pemain senior untuk laga besar karena pengalamannya. Namun Anda juga butuh pemain muda yang dinamis, dan tak kenal takut. Saat ini materi pemain dalam pemusatan latihan Timnas memang beragam, dan cukup imbang antara nama baru dan senior," tukas pelatih berusia 41 tahun tersebut.

Skuat Garuda masih akan menjalani latihan di Stadion Madya pada Jumat (8/3) besok. Setelah itu direncanakan Andritany dan kawan-kawan akan bertolak ke Perth, Australia untuk menjalani pemusatan latihan disana sebelum bertolak ke Myanmar.