Simon Hadiri Undian Kualifikasi Piala Dunia

Jalan panjang menuju putaran final Piala Dunia Qatar 2022 akan segera dimulai. Sebanyak 40 negara terbaik di Asia, termasuk Indonesia, bersiap memperebutkan jatah AFC pada gelaran empat tahunan tersebut.

Bertempat di AFC House Kuala Lumpur, Malaysia, pengundian pembagian delapan grup dari 40 negara ini akan dilangsungkan pada Rabu (17/7) ini. Masing-masing grup nantinya akan diiisi lima negara. Pertandingan pertama akan dilaksanakan pada FIFA Match day bulan September 2019.

Pelatih Tim Nasional Indonesia, Simon Mcmenemy menjadi perwakilan PSSI untuk menghadiri langsung acara pengundian. Seeding pot ditentukan dari hasil FIFA Ranking terakhir 14 Juni 2019 dimana Indonesia akan berada di seeding pot 5. Pertandingan pada kualifikasi nanti akan menggunakan format double round robin dimana semua tim akan bertemu.

Kualifikasi sendiri akan dimulai dari tanggal 5 september 2019 hingga 9 Juni 2020. Juara grup dan 4 runner up terbaik akan lolos langsung ke tahap akhir kualifikasi piala dunia zona asia dan berhak lolos langsung ke piala asia di china 2023. Kemudian tim terbaik dari 24 tim tersisa akan kembali bertanding guna memperebutkan slot Piala Asia yang tersisa.

Berikut pembagian pot undian:

Pot 1:

Iran, Jepang, Republik Korea, Australia, Qatar, UEA, Saudi Arabia, China

Pot 2:

Irak, Uzbekistan, Syiria, Oman, Lebanon, Kyrgyztan, Vietnam, Jordania

Pot 3:

Palestina, India, Bahrain, Thailand, Tajikistan, DPR Korea, Chinese Taipei, Filipina

Pot 4:

Turkmenistan, Myanmar, Hong Kong, Yaman, Afganistan, Maldives, Kuwait, Malaysia

Pot 5:

Indonesia, Singapura, Nepal, Kamboja, Bangladesh, Mongolia, Guam, Sri Lanka