Ketum PSSI Bersyukur Timnas Indonesia Lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bersyukur timnas Indonesia lolos ke babak kualifikasi Piala Asia 2023. Kepastian ini setelah Evan Dimas dan kawan-kawan mengalahkan Taiwan dengan skor 3-0 pada laga leg kedua di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Senin (11/10).

Tiga gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Egy Maulana pada menit ke-27', Ricky Kambuaya menit 54', dan Witan Sulaeman menit ke-90'+3. Sebelumnya, skuad Garuda juga meraih kemenangan dengan skor 2-1 di leg pertama, Kamis (7/10). Total Indonesia unggul agregat dengan skor 5-1.

"Alhamdulillah timnas Indonesia kembali meraih kemenangan atas Taiwan. Kami lolos ke kualifikasi Piala Asia 2023. Terima kasih kepada pemain yang sudah berjuang keras dan tampil baik malam ini," kata Iriawan.

Iriawan berpesan kepada pemain timnas Indonesia agar tidak cepat puas sekadar lolos ke babak kualifikasi Piala Asia 2023. Apalagi di babak tersebut, sudah menunggu tim-tim yang kuat dan patut diwaspadai.

"Terus kerja keras, bermain maksimal, jaga kekompakan, dan ikuti intruksi pelatih di lapangan. PSSI ingin timnas Indonesia menyamai timnas Wanita yakni dapat lolos ke Piala Asia 2023. Kami tentu akan mendukung penuh program dari pelatih Shin Tae-yong demi raih prestasi skuad Garuda," imbuh pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.

Selama di Thailand, Iriawan selalu memantau dan mendapat update perkembangan timnas Indonesia. Ia pun juga sering memberikan motivasi kepada pemain melalui video call.

Sementara itu, anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro mengatakan bahwa harus diakui, tanpa melihat lawan yang mungkin levelnya di bawah Indonesia, baru kali ini kita puas melihat tontonan timnas kita di even internasional.

"Permaianan skuad Garuda sangat impresif dan mendominasi setiap pertandingan dengan banyaknya peluang. Semua pemain hampir menjalankan fungsinya secara maksimal. Mudah-mudahan menjadi modal yang baik untuk semakin membawa kejayaan sepak bola Indonesia di even internasional di masa mendatang," kata Haruna.

Babak kualifikasi Piala Asia 2023 digelar tahun 2022 mendatang yang diikuti 24 tim dan dibagi enam grup. Setiap grup diisi empat tim dengan rencana format kandang dan tandang. Juara grup dan lima runner up trbaik akan mendapatkan tiket lolos ke putaran final Piala Asia 2023.