Kerja Keras Kunci Sukses Indonesia Raih Kemenangan Perdana

Kiper timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi, mengatakan kemenangan atas Vietnam sudah ditunggu skuad Garuda.

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 1-0, pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (19/1). Gol kemenangan skuad Garuda dilesakkan oleh Asnawi Mangkualam Bahar melalui titik penalti pada menit ke-42.

Kemenangan ini terasa spesial. Hal ini karena, timnas Indonesia memulangkan Vietnam dari Piala Asia 2023. The Golden Stars kalah head to head dari Indonesia dan Jepang, meski masih menyisakan satu laga melawan Irak, Rabu (24/1).

Saat ini, timnas Indonesia menjaga asa untuk lolos ke babak 16 besar. Skuad Garuda mengantongi 3 poin dari 2 laga. Membuntuti Irak (6 poin) dan Jepang (3 poin).

Tidak hanya itu, kemenangan ini memutus rantai rentetan belum pernah menang timnas Indonesia era Shin Tae-yong atas Vietnam. Dalam empat pertemuan, pelatih asal Korea Selatan itu belum pernah membawa skuad Garuda menekuk Vietnam.

Hal tersebut disadari betul Ernando Ari Sutaryadi. Kiper Persebaya Surabaya itu sangat bersyukur timnas Indonesia mengalahkan Vietnam.

“Saya sangat senang, kemenangan ini adalah sesuatu yang kami tunggu. Kami bekerja keras untuk mendapatkan hasil ini, terima kasih kepada para pendukung kami semuanya,” kata Ernando.

Selanjutnya, timnas Indonesia akan menghadapi Jepang, Rabu (24/1). Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke babak 16 besar, karena paling tidak bisa mengunci satu tiket dari empat peringkat ketiga terbaik.