Indonesia Sukses Bungkam Myanmar

Tim Nasional Indonesia sukses meraih kemenangan dengan skor 2-0 pada laga uji coba internasional (FIFA Match Day) melawan Myanmar, di Stadion Mandalar Thiri, Senin (25/3) malam. Dua gol kemenangan Skuat garuda dicetak oleh Greg Nwokolo dan Ilija Spasojevic. 

Kemenangan ini sangat berarti untuk Andritany dan kawan-kawan, karena laga ini ini merupakan debut untuk Simon McMenemy, semenjak ditunjuk sebagai pelatih Indonesia pada awal tahun ini.

Formasi 3-4-3 yang diterapkan oleh Simon McMenemy tampak variatif mewarnai permainan Indonesia yang tanpa ragu memberi tekanan kepada tuan rumah. Greg Nwokolo membuka peluang pada menit 4', tapi bola masih bisa diredam kiper Myanmar.

Sesekali pemain Myanmar menyisir pertahanan Indonesia lewat sisi sayap, tapi umpan silang yang coba mereka kirimkan, masih mudah diredam. Sementara Indonesia juga kerap berbahaya melalui serangan balik yang dibangun dengan cepat, dan tepat.

Peluang demi peluang diciptakan Indonesia, tapi lini depan kerap gagal memaksimalkan peluang tersebut. Kadang bola yang diluncurkan Stefano Lilipaly terlalu lemah, kadang juga sepakan dari Greg masih bisa dibendung oleh pemain tuan rumah.

Gol akhirnya tercipta pada menit ke-41 melalui tendangan Greg Nwokoloselepas mengecoh kiper Myanmar. Kombinasi apik terjadi sebelumnya, lewat kaki Evan Dimas, Riko Simanjuntak, hingga umpan tumit dari Stefano Lilipaly kepada Greg,

Andritany Ardhiyasa jadi pahlawan Indonesia pada pengujung babak pertama. Ia mampu menepis penalti dari Nyein Chan Aung. Penalti diberikan wasit setelah terjadi pelanggaran dari Manahati Lestusen. Babak pertama usai dengan skor 1-0.

Myanmar mencoba lebih agresif ketika menyerang pada babak kedua, tapi pertahanan Indonesia masih solid. McMenemy pun melakukan beberapa pergantian pada komposisi pemain di babak kedua.

Ilija Spasojevic memimpin lini serang, ditemani dengan Rahmat Syamsuddin. Novri Setiawan pun dimainkan untuk mengisi posisi Ruben Sanadi. Namun, Riko Simanjuntak  tetap paling rajin mengancam.

Menit ke-82 Myanmar melakukan serangan balik yang mampu menembus kotak penalti Indonesia. Untung saja lagi-lagi Andritany secara brilian menepis bola tendangan Mg Mg Lwin dari dalam kotak penalti.

Myanmar kembali tersengat lewat serangan ngotot Indonesia, kali ini Rahmat yang mengawali, namun Novri yang membuat Indonesia mendapat penalti. Ilija Spasojevic sebagai eksekutor melancarkan tugasnya dengan baik. 2-0.

Empat menit waktu tambahan telah ditentukan, tempo sedang coba dijaga Indonesia. Para pemain lebih fokus menjaga pertahanan, sementara Myanmar juga sudah tidak begitu ngotot mencari gol. Laga berakhir dengan skor 2-0.

Susunan Pemain

Myanmar: Kyaw Zin Phyo; Zaw Min Tun, Hlaing Bo Bo, Nyein Chan Aung, Aung Thu, Win Naing Soe, Mg Mg Lwin, Yan Naing Oo, Thet Naing, Kyaw Zin Phyo, Hein Nay San, Pyae Phyo Zaw.

Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Hansamu Yama, Manahati Lestusen, Yanto Basna; Yustinus Pae, Evan Dimas, Rizky Pellu, Ruben Sanadi; Riko Simanjuntak, Stefano Lilipaly, Greg Nwokolo.

Berita terkait