Pertamina Piala "Soeratin", Kompetisi Bola Usia Muda

PT Pertamina (Persero) kembali mendukung kiprah Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) melalui National Youth Championship Pertamina Piala Soeratin. Putaran final liga sepak bola U-15 dan U17 tahun 2017 ini dipastikan akan bergulir pada tanggal 14 Oktober 2017 di Magelang dan DIY Yogyakarta. 
 
Sebanyak 30 tim di kategori U-15 dan 32 tim pada kategori U-17 akan bersaing memperebutkan gelar juara.  Undian grup untuk masing-masing kategori dan peluncuran logo Pertamina Piala Soeratin telah dilaksanakan pada Sabtu  7 Oktober 2017 di Hotel Asana Kawanua, Cempaka Putih, Jakarta. Hadir dalam acara ini, Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria bersama beberapa pengurus lainnya dan  jajaran manajemen Pertamina.  Selain itu juga ada 34 perwakilan dari Asprov, manajer tim U-15 dan U-17 dari tim juara masing-masing provinsi.
 
Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan, Pertamina mendorong perkembangan sepakbola Indonesia, dengan  komitmen mendukung lahirnya cikal bakal pemain muda sebagai bibit unggul pesebakbola nasional. Pertamina juga ingin membantu PSSI untuk membawa sepak bola nasional ke panggung dunia.
 
"Pertamina NYC Soeratin adalah wadah yang bagus untuk membina pemain-pemain muda. Lewat kompetisi ini kita harapkan lahir pemain-pemain berbakat yang kelak menjadi pemain nasional yang bisa mengharumkan nama Indonesia di panggung dunia," kata Adiatma. 
 
Sementara itu, Ratu Tisha Destria mengatakan, NYC Soeratin merupakan salah satu fokus PSSI dalam upaya pengembangan sepak bola di tanah air. "Kita ingin membangun tim nasional yang tangguh. Untuk itu dibutuhkan bibit-bibit pemain muda yang andal pula. Pembinaan usia muda menjadi hal yang fundamental dan ini menjadi fokus federasi," kata Tisha.
 
Dalam sejarahnya, Piala Soeratin yang sudah dimulai sejak tahun 1965 telah menghasilkan pemain-pemain yang akhirnya membela tim nasional. Beberapa nama-nama jebolan Piala Soeratin itu di antaranya Rony Paslah, Ricky Yacobi, Charis Yulianto, Aji Santoso dan Imran Nahumaruri. Bintang timnas U-19 saat ini, Egy Maulana Vikri juga pernah ditempa di Piala Soeratin musim 2016.
 
Putaran final Pertamina NYC Soeratin akan dimainkan di tiga stadion di wilayah Magelang dan lima stadiin di DIY Yogyakarta. Tiga Stadion di wilayah Magelang, yakni Sapta Marga, Gatot Subroto dan Gemilang. Sementara lima stadion di DIY Yogyakarta, yakni Stadion Tridadi, Pancasila UGM, Dwi Windu, Sultan Agung dan Maguwoharjo. Partai final akan digelar di Maguwoharjo.
 
"Kami sengaja memilih menggelar Pertamina NYC Soeratin di Magelang dan Yogyakarta karena dua tempat ini merupakan kota pelajar. Selain itu, Yogyakarta juga punya historis yang kuat untuk Piala Soeratin," ungkap Tisha Destria.
 
Putaran final akan memakai format semi turnamen. Masing-masing kategori akan dibagi menjadi delapan grup. Untuk kategori U-15, karena jumlah pesertanya hanya 30, maka akan ada dua grup yang hanya diisi tiga tim. Sementara untuk kategori U-17, setiap grup akan diisi empat tim.
 
Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan lolos ke babak perdelapan final dan masuk fase knock out. Mereka kemudian akan bersaing untuk mencapai partai puncak yang rencananya akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jawa Tengah, Sabtu (28/10).

 

Berita terkait