Final Kejutan di Piala Soeratin U15

Piala Soeratin U15 akan mencapai puncaknya, yang tak disangka pun terjadi di babak semifinal putaran nasional gelaran tersebut. Secara mengejutkan dua tim, menghentikan langkah dua tim lainnya untuk mencapai laga final, dalam laga yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/2).

Saat di pertandingan pertama, skor 1-0 cukup untuk membuat Sumatera Barat melaju ke partai final. Sementara di laga kedua, Kalimantan Barat menghancurkan Banten dengan skor yang cukup mencolok, 5-2.

Sumatera Barat mendominasi laga sejak wasit memulai pertandingan. Namun belum juga dapat mencetak gol hingga turun minum. Melihat permainan hari ini, DKI Jakarta nampaknya memutuskan untuk menunggu dan menjaga momentum.

Permainan menekan terus dilakukan oleh Sumatera Barat, bahkan hingga babak kedua. Sialnya, langkah DKI Jakarta harus terhenti saat menjelang habisnya waktu pertandingan, dimana gol dari Zulkifli Yahya pada menit ke-60 memenangkan timnya, sekaligus membuka jalan ke babak final Piala Soeratin U15.

Kejutan lain terjadi kala Kalimantan Barat menghancurkan Banten dengan skor cukup telak, 5-2. Kalimantan Barat bermain dengan taktik efektifnya. Tidak lama-lama memegang bola, dengan umpan-umpan pendek menusuk ke jantung pertahanan lawan.

Dominasi Kalimantan Barat sudah terlihat sejak awal, bahkan mereka bisa mencetak gol cepat di menit ke-2, melalui kaki Aqsa Aqyuba Yuarnna Rabbani. Golnya, tak dapat ditahan kiper Banten, Mohammad Wawan Ridwan yang sudah salah langkah menepis bola kearah kiri, namun justru bola mengalir ke sudut kanan gawangnya.

Lutfi Wahyu Saputra menjadi pemain kunci pada pertandingan ini, dirinya menyumbang dua gol bagi timnya, di menit ke-21 dan 42. Gol-gol lain dicetak oleh Krisna Sulistia Budianto menit ke-28, gol penutup kemenangan Kalimantan Barat, tercetak atas nama Yanari Ipung Kurniawan di menit ke-45.

Sementara itu, dua gol dari DKI Jakarta dibukukan oleh Ahmad Fikri di menit ke-51 dan Herjun Harianja menit ke-62.

Sumatera Barat dan Kalimantan Barat akan bertanding di partai final putaran nasional Piala Soeratin U15, DKI Jakarta dan Banten kemudian akan bertarung memperebutkan peringkat ketiga yang dilaksanakan pada hari Sabtu (29/2) di Stadion Manahan, Solo.

Hasil Pertandingan Semifinal Piala Soeratin U15:

Sumatera Barat 1-0 DKI Jakarta

Banten 2 - 5 Kalimantan Barat

 

Jadwal Pertandingan Final dan Perebutan Peringkat Ketiga:

Sabtu, 29 Februari 2020 – Stadion Manahan, Solo

Perebutan Peringkat Ketiga, Pukul 13.30 WIB – DKI Jakarta vs Banten

Final, Pukul 15.30 WIB – Sumatera Barat vs Kalimantan Barat