Papua Ingin Pertahankan Tren Positif

Tim sepak bola putri Papua bertekad untuk mempertahankan tren positif mereka sampai partai puncak. Tim polesan pelatih Semuel Welya ini tinggal dua langkah lagi untuk mewujudkan mimpi menjadi juara lagi pada turnamen Women Football Road To Asian Games Piala Pertiwi 2017.

Papua yang difavoritkan sejak awal turnamen ini memang menunjukkan kelasnya. Tim yang notabene juara bertahan ini belum pernah kebobolan satu kali pun dan menjadi juara grup C. Dopimina Kogoya dan kawan-kawan tercatat selalu menang dengan skor telak hingga melaju ke babak semi final. Pada laga semifinal, Senin (11/12) ini, Papua akan menghadapi tantangan Bangka Belitung di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang. Sementara satu laga semifinal lainnya mempertemukan tim kejutan Kalimantan Barat (Kalbar) melawan Jawa Barat (Jabar).

Menurut pelatih Papua, Semuel Welya, siapapun yang dihadapi, timnya siap tampil maksimal dan selalu bekerja keras. Ia pun menegaskan anak asuhnya tidak memandang remeh Babel.

“Kami akan berhadapan dengan tim Babel. Mereka saya rasa tim yang bagus apalagi diisi dengan beberapa pemain Timnas Wanita Indonesia. Kami siap tampil maksimal serta kembali bekerja keras untuk lolos ke babak final,” kata Semuel.

"Kondisi tim saat ini bagus, fit semua dan pemain sudah siap tempur. Saya harap pemain agar fokus dan disiplin. Pemain lawan semua kami waspadai, yang jelas kami ingin menang di laga ini," tambahnya.

Sementara itu, pelatih Kalbar, Sofie Imam Faizal memuji tim Jabar sebagai unggulan di ajang ini. Ia pun menyatakan bahwa Jabar mempunyai banyak pemain yang berpengalaman.

"Tentu ini bakal menjadi laga yang menarik untuk kedua tim. Kami sadari Jabar tim yang bagus, namun kita mau menyerah begitu saja. Kami siap melawan dan sudah punya formula untuk menjinakkan tim Jabar," kata Sofie.

"Kami tekankan ke pemain untuk bermain enjoy dan tanpa beban. Kita ingin membikin sejarah dengan lolos ke final. Untuk pemain perlu kerja keras, tekad, dan disiplin agar mampu mengalahkan Jabar. Kami yakin bisa dan berharap doa dan dukungan masyarakat Kalbar agar kami meraih kemenangan ," jelas pelatih yang mengantongi lisensi B AFC ini.

Seperti diketahui, turnamen sepak bola wanita tertinggi di Indonesia ini sekaligus menjadi ajang tes event persiapan Indonesia menuju Asian Games 2018 dimana Palembang menjadi salah kota tuan rumah. PSSI pun menjadikan event ini sebagai ajang seleksi untuk pemain Timnas Wanita Indonesia.

Pada tahun ini, format menggunakan sistem setengah kompetisi dimana 12 tim dibagi dalam dibagi dalam empat grup. Nantinya setiap juara dan runner up grup akan mewakili grup masing-masing di ajang delapan besar. Lalu pemenang babak delapan besar lolos ke semi final. Dan dua tim pemenang semi final akan lolos ke babak final yang akan digelar tanggal 13 Desember mendatang.


Lanjutan Jadwal lengkap Women’s Football Road To Asian Games Pertiwi Cup 2017


11 Desember: Babak Semi Final

Kalimantan Barat vs Jawa Barat pukul 08.00 WIB, Std Bumi Sriwijaya

Papua vs Bangka Belitung pukul 15.00, Std Bumi Sriwijaya

 

13 Desember: Babak Final

Perebutan Posisi Tiga, pukul 15.00 WIB, Std Bumi Sriwijaya

Final, pukul 08.00 WIB, Std Bumi Sriwijaya