Enam Tim Promosi ke Liga 2

Kompetisi Liga 3 hampir selesai, enam tim memastikan diri lolos dan promosi ke Liga 2. Pada laga terakhir babak 8 besar Liga 3, tim-tim tersebut menutup laga terakhir yang dimainkan hari Kamis (26/12).

Di wilayah Barat, PSKC Cimahi, PS AS Abadi, dan Persekat Tegal adalah tim-tim yang lolos promosi ke Liga 2. Sedangkan untuk Wilayah Timur, ada Persijap Jepara, Putra Sinar Giri, dan Persigo Semeru.

PSKC keluar sebagai juara grup wilayah Barat dengan torehan tujuh poin, hasil dari satu kali seri dan dua kali menang. Disusul oleh PS AS Abadi di peringkat kedua yang mengoleksi enam poin, hasil dari dua kali kemenangan dan satu kali kalah. Di peringkat ketiga, Persekat Tegal dengan raihan tiga poin, hasil dari satu kali menang dan dua kali kalah.

Sementara wakil dari wilayah Timur, adalah Persijap Jepara, Putra Sinar Giri, dan Persigo Semeru. Persijap Jepara yang meraih poin sempurna, tak terkalahkan di tiga laga berturut-turut, tim ini mengoleksi sembilan poin. Putra Sinar Giri menduduki posisi kedua dengan torehan empat poin, hasil dari satu kali menang, satu kali kalah, serta satu kali seri. Peringkat ketiga diduduki oleh Persigo Semeru, yang mengoleksi dua poin, hasil dari dua kali main seri dan satu kali kalah.

Persidi IDI dari Wilayah Barat dan Perseta Tulungagung di Wilayah Timur, adalah dua tim yang gagal meraih tiket promosi ke kompetisi Liga 2. Persidi hanya sanggup meraih satu poin dari satu kali hasil seri, sisanya mereka kalah dua kali dari tiga laga yang dimainkan. Raihan yang sama juga ditorehkan oleh Perseta Tulungagung.

Tim juara dari wilayah Barat dan Timur (PSKC Cimahi dan Persijap Jepara) nantinya bertemu di final yang akan tersaji di Stadion Pakansari, hari Minggu tanggal 29 Desember 2019 untuk menentukan siapa yang akan menjadi juara kompetisi Liga 3 tahun ini.

Empat tim lainnya otomatis lolos dan promosi ke Liga 2, sebab, enam tim diambil untuk promosi, menggantikan enam tim lain yang terdegradasi dari kompetisi Liga 2. Laga final antara PSKC Cimahi melawan Persijap Jepara tersebut juga sebagai penutup kompetisi PSSI di tahun ini.

Klasemen 8 Besar Liga 3 2019: